Cara Mudah Mengatasi Hama pada Ayam Ala Mahasiswa IPB

Gurem atau tungau ayam
Sumber: Tim PKM-PE

Gurem atau tungau ayam dengan nama ilmiah Ornithonyssus bursa adalah hama yang menyerang unggas. Mirip seperti kutu, gurem juga menghisap darah inangnya. Maka, gurem akan sangat berbahaya apabila menyerang induk dan anak ayam. Gurem dapat menyebabkan turunnya produktivitas hingga kematian.

Bila terkena kontak dengan manusia, gurem dapat menyebabkan gatal-gatal di tubuh. Maka dianjurkan sebelum melakukan kontak dengan ayam, alangkah baiknya memastikan bahwa ayam terbebas dari tungau.

Cara membasmi gurem pada ayam dapat menggunakan obat sintetik yang mengandung Akarisida. Namun, penggunaan obat sinteik yang mengandung bahan kimia dapat berbahya bagi ayam dan lingkungan. Penggunaannya tidak boleh terlalu sering, karena dapat membuat gurem menjadi kebal terhadap obat yang diberikan.

Tim PKM-PE
Sumber: Tim PKM-PE

Mengenai problematika pembasmian gurem pada ayam, tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor berhasil menemukan pemecahan masalah atas hal tersebut. Virgillius Martin Kelake Kedang beserta dua temannya, Rama Adi Rianto dan Idho Anugrah AL Kholik, yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) menemukan obat alternatif pembasmi gurem yang ramah lingkungan yang berbahan daun biduri.

“Ide untuk memilih daun biduri berlandaskan atas kepercayaan masyarakat daerah saya, yang mengatakan apabila menanam pohon biduri di sekitar kandang ayam, akan dapat membebaskan ayam dari segala macam parasit, termasuk gurem,”ujar Virgillius.

Setelah dilakukan penelitian dan percobaan terhadap daun biduri, didapatkan fakta bahwa khasiat daun biduri dalam membasmi gurem lebih efektif dibanding obat sintetik.

Senyawa fitokimia pada daun biduri, dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan gurem pada ayam lebih baik dari obat sintetik. Daun biduri juga lebih aman bila digunakan pada ayam, dan dapat dibuat sendiri di rumah.

Merendam ayam dalan larutan daun biduri
Sumber: TIM PKM-PE

Pembuatan obat pembasmi gurem dari daun biduri cukup mudah. Langkah pertama ialah haluskan daun biduri menggunakan blender, yang kemudian direndam dalam air agar melarutkan senyawa fitokimia, dan obat siap digunakan. Ayam yang terkena gurem dapat langsung direndam dengan larutan daun biduri tersebut.

Errizqi Dwi Cahyo
Editor: Karina Rahmi Maulidya

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.