Dukung Pertanian Skala Rumah Tangga, Tim KKN-T IPB BOGORKAB20B Ciptakan Taman TOGA

Program Taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang diusung kelompok Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN T) IPB BOGORKAB20B di Desa Sinarsari guna mendukung program pertanian pada skala rumah tangga. Ide pembuatan Taman TOGA ini muncul karena masih adanya pekarangan rumah kelompok petani yang penggunaannya kurang optimal.

“Adanya program Taman TOGA bertujuan memberdayakan lahan pekarangan rumah untuk dijadikan produksi pertanian berbasis rumah tangga,” ungkap Irfan Rabani, salah satu anggota KKN-T IPB BOGORKAB20B pada (9/3) dalam wawancara secara online.

Dalam pelaksanaanya, Tim KKN-T IPB BOGORKAB20B bermitra dengan KWT (Kelompok Wanita Tani) Kipass di Desa Sinarsar mengurus dan mengembangkan lahan pekarangan yang terbengkalai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Program Taman TOGA dilakukan secara offline sebanyak 4 kali dengan agenda pengolahan lahan, penyemaian, pindah tanam, dan perawatan. Kegiatan turun lapang pembuatan Taman TOGA secara langsung pada 26 januari, 03 februari, 10 Februari, dan 18 Februari 2021 oleh Tim KKN-T BOGORKAB20B.

Menurut Irfan, selama pelaksanaan program Taman TOGA ada beberapa kendala yang dialami oleh Tim KKN-T BOGORKAB20B. Yaitu adanya pandemi Covid-19 sehingga dalam melakukan kegiatan secara offline sangat terbatas. Selain itu, pelaksanaan Taman TOGA dilakukan selama musim hujan sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk turun lapang. Antusiasme dan partisipasi masyarakat juga minim dalam mengikuti program Taman TOGA. Kendala terakhir yaitu saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik sehingga memerlukan upaya perbaikan terlebih dahulu.

Meskipun banyak kendala yang dialami, Tim KKN-T BOGORKAB20B berharap program Taman TOGA ini dapat berkelanjutan dalam pelaksaannya, menyesuaikan dengan kesibukan kelompok tani di Desa Sinarsari dan bahkan dapat menyebar ke masyarakat luas. Selain itu, diharapkan KWT Kipass di Desa Sinarsari memiliki jadwal rutin dalam memelihara taman agar keindahan taman dapat tetap terjaga.

Selain memberikan pendampingan dan edukasi kepada KWT Kipass Desa Sinarsari, Tim KKN-T BOGORKAB20B juga mendapatkan pengetahuan terkait pertanian rumah tangga untuk mengisi waktu produktif di rumah. Diharapan dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masyarakat mampu mengoptimalkan waktu luangnya untuk kegiatan produktif salah satunya pertanian skala rumah tangga.

Sumber gambar: Tim KKN-T IPB BOGORKAB20B
Editor: Putri Arum Puspitasari

Avatar

Indri Mariska

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.