ICON: Menuju Gemastik 2019

Dokumentasi: Panitia ICON

ICON (IPB’s Informatics Competition) menggelar Competition Day dan Awarding, puncak acaranya, pada Minggu (5/5) di Auditorium GMSK. ICON merupakan serangkaian acara IT tingkat IPB yang meliputi kompetisi, ideation, dan online mentoring. Kompetisi terdiri dari delapan cabang: Karya Tulis Ilmiah TIK; Pengembangan Bisnis TIK; Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi; Pemograman; Games Development, Piranti Cerdas, Sistem Tertanam, dan IoT; serta Data Mining.

Ideation merupakan kegiatan perancangan ide yang bertujuan menghasilkan gagasan terbaik untuk kemudian diimplementasikan ke dalam bentuk proposal. Adapun online mentoring adalah kegiatan di mana masing-masing peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor-mentor berpengalaman di bidangnya.

Ketua pelaksana acara ICON, Rizky Syawal Putra Thahir, mengatakan bahwa acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini diikuti oleh 271 peserta dan tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komputer saja.

“Dari semua fakultas, hanya satu yang tidak mengikuti, yaitu Fakultas Kedokteran Hewan. Sisanya ikut semua, termasuk Sekolah Bisnis dan Sekolah Vokasi,” katanya.

Acara yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (Himalkom) ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa IPB dalam menghadapi kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang TIK (Gemastik). Gemastik adalah ajang perlombaan IT nasional yang melibatkan mahasiswa sebagai pesertanya. Dalam ICON, banyak ide datang dari berbagai departemen. Setiap departemen mempunyai kelebihan masing-masing dan diharapkan ide yang tercipta dapat berguna untuk Gemastik yang akan datang.

Terkait kelanjutan acara ICON tahun depan, Rizky berharap masih dapat terlaksana karena banyaknya dukungan dan apresiasi yang datang. Akan tetapi, menurutnya perlu diperhatikan juga situasi dan kondisi yang ada. Hal ini dikarenakan acara ini dirasa terlalu besar untuk dipegang oleh Himalkom sendiri. Rizky mengaku bahwa sumberdaya manusia yang ada tidak mencukupi.

“Kemungkinan besar, acara ini (oleh Ditmawa) akan digabungkan ke dalam acara CIC (Creative Innovation Creators) tahun depan,” tutup Rizky.

Yuniar Galuh
Ed: Alferdian Achmad

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.