Sohib Lele: Alat Penyortir dan Penghitung Benih Ikan Lele Dumbo Otomatis Karya Mahasiswa IPB University

Alat penyortir dan penghitung benih ikan lele Dumbo (Clarias gariepinus) otomatis yang dinamai Sohib Lele ini merupakan hasil karya inovasi sejumlah mahasiswa IPB University dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 bidang Karya Inovatif (KI). Cara kerja inovasi Sohib Lele ini menggunakan mechanical graders dan sensor infrared.

“Kami memiliki ide untuk membuat alat ini karena melihat pembudidaya lele menyortir dan meng-grading ikan lele masih secara konvensional. Sehingga, kita terinspirasi untuk membuat alat yang mampu mengalihkan konvensional menjadi lebih efektif dan efisien,” ucap Nuraini Fadhillah Purnadi, Ketua Tim PKM KI IPB University pada (20/10) melalui wawancara online.

Nuraini mengatakan bahwa dalam pembuatan alat ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui, meliputi brainstorming dan survei dengan pembudidaya ikan lele Dumbo, identifikasi masalah, pembuatan grand design, serta uji coba dan publikasi. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini mulai dilaksanakan sejak Juni hingga September 2021. Setidaknya ada tiga pembudidaya yang menjadi responden dalam pembuatan alat ini yakni Clarias Farm, Surya Kencana Farm, dan Saung Turbo Farm. Ketiganya menyambut positif adanya inovasi alat ini. “Kami senang ada sebuah inovasi alat seperti ini,” ungkap Surya Kencana Farm.

Di bawah bimbingan Muhammad Iqbal, S.Pi,M.Si, Sohib Lele juga telah memiliki hak kekayaan intelektual yaitu hak cipta dan hak paten sederhana. Tak hanya itu, Sohib Lele juga berada pada Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) 8. TKT 8 memilik arti bahwa alat yang dikembangkan telah memiliki sistem yang lengkap dan andal melalui pengujian dan demonstrasi dalam lingkungan yang sebenarnya.

“Harapannya, semoga bisa diterapkan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pembudidaya lele. Dan harapan dari salah satu pembudidaya, yakni alat ini bisa dikomersialkan seperti itu. Tentunya dengan dukungan dana dari investor untuk keberlanjutan pengembangan alat kami ini,” tutup Nuraini.

Editor: Ikfanny Alfi Muhibbah Shalihah
Foto: Dokumentasi Sohib Lele Tim PKM-KI IPB University

Avatar

Indri Mariska

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.