Torbos: Mie Instan Sehat Kaya Manfaat

Sumber: Tim PKM-K Torbos IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hentinya melakukan inovasi berbagai produk pangan. Kali ini, mahasiswanya yang tergabung dalam tim program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) IPB berhasil membuat mie instan dengan campuran daun torbangun (Coleus amboinicus Lour). Tim ini terdiri atas 5 mahasiswa dari berbagai cabang keilmuan.

Mie instan dengan nama “TORBOS” instant noodle ini berkhasiat sebagai pereda nyeri datang bulan dan membantu memperlancar produksi air susu ibu (ASI).

“Mie instan sekarang banyak beredar dipasaran, tapi yang menjual manfaat masih kurang. Dari sini, kami berpikir untuk menciptakan mie sehat sebagai inovasi pangan fungsional,”terang Ipik Julpikar, mahasiswa Agronomi dan Hortikultura IPB sebagai ketua tim.

Torbangun merupakan jenis tanaman semak yang telah diteliti oleh IPB dan diketahui mengandung berbagai senyawa fitokimia yang bermanfaat. Kandungan zat lactogogum dalam torbangun dapat meningkatkan produksi ASI berkualitas. Selain itu, dalam daun torbangun juga dilaporkan mengandung berbagai mineral seperti Zn, Ca, dan Fe yang bermanfaat untuk meredakan nyeri datang bulan.

Komponen-komponen tersebut sangat diperlukan bagi wanita karir yang dituntut untuk selalu aktif dalam melakukan pekerjaan.

Kini, TORBOS Instant Noodle telah merekrut 2 karyawan ibu rumah tangga di daerah Taman Dramaga Permai untuk membatu proses produksi.

Tim TORBOS akan terus melakukan inovasi dalam jangka panjang dengan menggunakan potensi bahan baku lokal untuk pembuatan produk mie yang nantinya dikombinasikan dengan berbagai manfaat dari tanaman lokal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memberdayakan dan mengedukasi masyarakat tentang betapa banyaknya potensi senyawa alami tumbuhan yang bermanfaat di Indonesia.

Tim PKM-K Torbos IPB
Editor: Karina Rahmi

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.