Webinar 1 Nautica-Fest: Peran Pemerintah dalam Mengelola Sumberdaya Perikanan Tangkap di Masa Pandemi COVID-19

Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (HIMAFARIN), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University mengadakan Webinar 1 Nautica-Fest dengan tema “Peran Pemerintah dalam Mengelola Sumberdaya Perikanan Tangkap di Masa Pandemi COVID-19 Menuju Indonesia Emas 2045″ (02/11). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube Streaming.

Acara ini menghadirkan dua pemateri ahli, yaitu Dr.Ir. Muhammad Zaini, M.M selaku PLT Direktorat Jendral Perikanan Tangkap KKP dan Dani Setiawan, M.Si selaku Ketua Harian DPP KNTI. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Edhy Prabowo, S.E, M.M, M.B.A, Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si, Dekan FPIK IPB University, Dr. nIr. Lucky Adrianto, M.Sc, serta Ketua Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Dr. Ir. Sugeng Hari Wisudo, M.Si.

“Acara ini sangat bagus karena membuka komunikasi antara pemerintah, mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengetahui perkembangan isu terkini di bidang perikanan tangkap,” tutur Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Dr.Ir. Muhammad Zaini, M.M mengatakan bahwa pandemi COVID-19 ini berdampak pada sektor perikanan tangkap, khususnya pada kegiatan pemasaran hasil tangkapan. Harga ikan di sebagian wilayah turun karena konsumsi yang terbatas akibat PSBB, serta proses ekspor yang juga terhambat. Saat ini pemerintah melakukan pemulihan dari dampak yang ditimbulkan serta mengambil kebijakan melalui pembangun fondasi perencanaan yang lebih baik.

Dani Setiawan, M.Si juga menjelaskan bahwa program prioritas KKP dalam percepatan pemulihan ekonomi sudah berjalan, namun masih belum optimal, baik dari pemberdayaan masyarakatnya maupun program bantuan yang memiliki prosedur yang masih rumit.

Kegiatan Webinar 1 Nautica-Fest dihadiri oleh lebih dari 900 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa maupun umum dari berbagai institusi.

Editor: Puput Lestari

Arifah Aini

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.