Terkait Isu Menko Hasil Syuro, Presma IPB Turut Menanggapi

Sumber: Errizqi
Sumber: Errizqi

Belakangan ini mahasiswa KM IPB dihebohkan oleh isu seputar kandidat pemangku jabatan BEM KM yang diunggah oleh salah satu pengguna media sosial Line bernama Whistleblower IPB. Kiriman tersebut berisi tangkapan layar percakapan daring dengan seseorang bernama Irsyad Al-Ghiffari I tentang kandidat “pesanan” menteri dan sekretaris menteri BEM KM, yang di mana memang telah berganti kabinet. Terdapat banyak nama yang dicatut di dalamnya. Keterangan selanjutnya tertulis bahwa ini merupakan hasil syuro yang berlangsung di Mustan pada Rabu, 14 November 2018 pukul 06.00-07.50. Tidak tertera lebih lanjut keterangan periode waktu.

Hasil Tangkapan Layar dari Akun Whistleblower IPB
Hasil Tangkapan Layar dari Akun Whistleblower IPB

Termasuk nama-nama seperti Ridho Saputra sebagai Menteri Koordinator (Menko) Prestasi dan Minat Bakat, Farhan Farabi sebagai Menko Kesejahteraan dan Sosial, Jundy Arief sebagai Menko Pergerakan. Tercatat per tanggal 25 November 2018, muncul kiriman baru dari akun media sosial resmi BEM KM IPB yang mengumumkan bahwa akan diadakan Uji Materi Menteri Koordinator dengan nama petahana yang diduga sama seperti dalam unggahan Whistleblower IPB. Hal ini pun membuat segenap warga KM IPB terheran-heran.
“Sejak saat mulai progres pembentukan Badan Pengurus Harian (BPH), keberadaan Menko sudah ditetapkan. Tatanan Menko ini hasil close recruitment dan saya sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) berhak mengatur indikator Menko ini,” ujar Dadan saat Korpus berhasil menemuinya. Dadan juga mengasumsikan bahwa pendugaan nama petahana yang sama muncul karena frekuensi Dadan rapat Bersama para Menko di tempat umum sehingga sering terlihat oleh khalayak umum khususnya mahasiswa IPB. “Karena kita sering kumpul di tempat umum. Ya kami nggak sungkan-sungkan mengakui bahwa ini BPH kami.”
“Saya tidak menanggapi secara formal. Saya sendiri bingung harus mengambil sikap apa karena informasi itu sendiri tidak saya validasi,” tegas Dadan.
Redaksi Korpus juga turut meminta tanggapan kepada Jundy Arief selaku salah satu Menko yang terpilih. “Saya kira Menko sudah ‘membumi’ dan berkeliaran di tempat terbuka bahkan sebelum ‘si nakal’ ini publish,” tambahnya ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang sama.

 

Aditya Mukti P

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

1 Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.