Event Update

Budaya Asing ‘Hantui’ Budaya Indonesia

Apa sih yang dimaksud dengan dihantui? Yaitu ketika budaya Indonesia sudah mulai luntur karena didominasi oleh budaya asing atau ketika budaya Indonesia diklaim oleh pihak asing.
            Contoh dominasi oleh budaya asing yaitu tata cara berpakaian yang sering mengikuti tren Hollywood, selera makanan yang cenderung memilih makanan fast food, ketertarikan terhadap tari-tarian Indonesia yang mulai berkurang, dan lain-lain. Sedangkan contoh pengklaiman budaya Indonesia yaitu pengklaiman batik, Reog Ponorogo, rendang, Tari Tor-Tor, Tari Pendet, dan Kuda Lumping oleh Malaysia.
Namun, kita juga tidak bisa lepas dari budaya asing. Mengapa demikian? Karena 95% kata-kata dalam bahasa Indonesia adalah kata serapan asing.
Hal yang dapat kita perhatikan dari sikap masyarakat kita terhadap pengklaiman budaya adalah kita selalu meributkan dan selalu gencar mengakui budaya kita yang diklaim pihak asing itu. Padahal, sebelum ada pengklaiman itu, kita tampak tidak peduli dengan budaya kita itu. Kita cenderung merasa memiliki sesuatu ketika sesuatu itu hilang atau akan direbut.
Solusi untuk menangani masalah ini adalah menimbulkan rasa tanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan lokal. Peran mahasiswa dalam kebudayaan yakni Intrakurikuler dengan mempelajari dengan baik mata kuliah kebudayaan lokal serta ekstrakurikuler dengan membuat unit kegiatan mahasiswa yang berbau kesenian daerah.
Fara Ruby – Reporter Magang

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*