KKN-T 2021: Kekhawatiran di Tengah Lonjakan COVID-19

Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia pada akhir Juni menimbulkan kekhawatiran di antara para peserta Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) angkatan 55, IPB University. Keresahan ini dicurahkan oleh para peserta KKN-T 2021 lewat media sosial masing-masing. Menanggapi keluh kesah tersebut, Ormawa Fakultas Teknologi Pertanian membuat formulir aspirasi bagi para peserta KKN-T 2021 yang ingin menyuarakan kekhawatiran dan keresahannya terkait pelaksanaan KKN-T di tengah lonjakan kasus COVID-19.

Berdasarkan wawancara dengan Mellydian Triranty Annisa selaku ketua DPM Fateta pada Minggu (27/6), formulir aspirasi yang telah dikumpulkan akan diteruskan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan bantuan BEM Fateta. Selain itu, BEM-KM dan wilayah akan bersama-sama membahas isu ini untuk mencari solusi terbaik bagi para peserta KKN-T 2021.

Dengan menargetkan 200 responden, formulir aspirasi tersebut sudah mendapatkan 185 suara dalam kurun waktu 19 jam dari pembuatan formulir. Tingginya kecepatan pemenuhan target merupakan bukti nyata dari besarnya kekhawatiran yang dirasakan para peserta KKN-T 2021.

Sebagian besar formulir aspirasi diisi dengan permintaan atas kejelasan teknis pelaksanaan KKN-T di tengah pandemi yang semakin memburuk dan permintaan kepada LPPM untuk lebih jelas lagi dalam menyampaikan informasi serta lebih komunikatif kepada mahasiswa peserta KKN-T. Berdasarkan formulir tersebut diketahui pula masih banyak peserta KKN-T yang belum mendapatkan vaksinasi sehingga mereka sangat khawatir akan terpapar COVID-19.

F, salah satu mahasiswi Departemen Ilmu Komputer mengaku bahwa persiapan KKN-T IPB dalam menghadapi COVID-19 sudah cukup baik tetapi masih ada kekurangan. “Sudah cukup baiknya karena kita juga sudah diberi edukasi tentang COVID-19. Pelepasan KKN kemarin banyak mahasiswa yang berharap LPPM menyampaikan tentang mitigasi, tetapi ternyata tidak,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Sofyan Sjaf, S.Pt, M.Si., selaku Wakil Kepala LPPM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat merespon secara positif aspirasi yang akan disampaikan oleh mahasiswa. Saat dihubungi kru Koran Kampus pada Sabtu (26/06), Ia menegaskan, “Mangga aspirasi diberikan kepada kampus agar kekhawatiran mahasiswa terjawab”.

Di akhir wawancara, F dan Mellydian menyampaikan harapan mereka agar pelaksanaan KKN-T dari bulan Juni hingga Agustus 2021 dapat berjalan lancar, peserta senantiasa dalam keadaan sehat, serta berharap agar KKN-T ini tidak menjadi cluster baru bagi penyebaran COVID-19.

“Selain itu saya juga berharap LPPM mau menerima dan mempertimbangkan aspirasi kami semua demi keselamatan bersama,” pungkas Mellydian.

Reporter: Syaharani Salsabila
Ilustrator: Rahma Fitriyani Suyuti
Editor: Tsurayya Syifa Azmira dan Putri Arum Puspitasari

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.