Event Update

Agar Liburan Kita Tambah Kece

Ketika tanggal di kalender bulan Desember sudah menunjukkan angka 20an, artinya hari-hari libur, terutama libur nasional akan segera tiba. Jika anda hendak merencanakan piknik atau bertamasya di masa liburan menjelang Natal, Tahun Baru atau libur setelah UAS nanti, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut agar liburan kita asyik dan efektif. Sayang sekali jika masa liburan kita yang berharga terbuang sia-sia hanya karena tidak dipersiapkan dengan matang.

1. Informasi

Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang tempat yang akan kita tuju. Misal kita mau naik gunung ke Semeru, tanyakan bagaimana keadaan disana ke orang yang minimal sudah pernah ke sana. Kumpulkan informasi menarik tentang calon destinasi liburan agar kita semakin yakin dan tidak menyesal. Jangan lupa juga tanyakan tentang rute perjalanan yang nyaman dan aman untuk bisa sampai kesana

2. Biaya

Ini penting, karena menyangkut kesiapan kita secara finansial. Tiket dan segala akomodasi sudah jelas harus siap. Perfect prepare boleh, asal jangan terlalu berlebihan. Selalu sediakan uang kecil untuk keperluan di jalan.

3. Penginapan

Perjalanan pasti makan waktu yang tidak sebentar. Pastikan dimana kita akan tinggal selama dalam perjalanan atau ketika sudah sampai di tempat tujuan. Untuk yang punya uang lebih pilihlah hotel yang menyediakan fasilitas yang nyaman, karena berguna untuk recovery sebelum bersenang-senang. Nebeng di rumah saudara/teman juga bisa jadi pilihan jika kocek sedang tipis.

4. Makan

Selama di tempat wisata biasanya harga makanan mahal. Atur pola makan dan sesuaikan dengan budget. Biasanya kita akan tergoda untuk membeli makanan khas daerah tempat wisata kita. Siasati dengan menakar menu makanan yang akan kita gunakan. Makan mewah boleh sekali-sekali. Sisanya selesaikan di warteg atau pecel lele yang lebih ekonomis.

5. Souvenir (oleh-oleh)

Buah tangan sudah barang tentu harus didapatkan ketika sedang jalan-jalan. Tapi kita harus pandai-pandai menjaga nafsu belanja. Pernak-pernik lucu biasanya incaran wisatawan setiap kali hendak pulang. Pilih yang benar-benar eksotik dan pastikan tidak ada cacat produksi apalagi imitasi. Jangan lupa, sesuaikan dengan uang saku untuk pulang.
Setelah semuanya selesai disiapkan, saatnya panaskan mesin mobil dan segera kemasi barang-barang ke bagasi. Have a nice trip!

Muhammad Fahmi Alby

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*