Event Update

Taman Flora “Mempertahankan Pohon dari Serangan Beton”

Kota Surabaya identik dengan udaranya yang panas, menyengat dan juga suasana perkotaan yang bising. Namun sebenarnya, ada alasan tersendiri mengapa Kota Surabaya akrab dengan sebutan ‘kota hijau’. Surabaya memiliki segudang taman kota yang kerap kali menjadi pusat aktivitas bagi warganya, salah satunya Taman Flora.

Suasana Taman Flora yang asri (Dok. Pribadi)

Suasana Taman Flora yang asri (Dok. Pribadi)

Taman yang terletak di daerah Bratang ini, posisinya tepat berada di tengah keramaian lalu lintas Kota Surabaya. Meskipun demikian, anda tak perlu khawatir, taman ini tidak akan tercemar dengan kepulan asap-asap kendaraan bermotor. Sebabnya, ratusan pohon yang rindang siap menjadi pelindung anda dari berbagai polusi udara di sekitar anda. Taman yang akrab disebut ‘Kebun Bibit’ ini dilengkapi pula dengan danau buatan, kandang rusa, kandang merak, dan juga perlengkapan outbond bagi anak-anak. “Sebulan sekali saya menyempatkan mengajak anak-anak ke sini. Karena daripada ke mall nggak ada gunanya, lebih baik kesini lebih banyak manfaatnya. Selain murah, cuma disini yang bisa ngerasain suasana sejuk di tengah kota Surabaya” ujar Wiwid, salah satu pengunjung Taman Flora.

Berdiri sejak tahun 2007,  isu pembangunan Mall besar di taman ini pernah berhembus kencang di tahun 2012, namun hal itu tidak terjadi lantaran taman ini masih menempati posisi yang spesial di hati warga Kota Surabaya. Taman Flora tetap kokoh berdiri dengan dukungan penuh dari pemerintah dan warganya. Walaupun terus bersaing dengan mall, apartemen, hotel dan gedung pencakar langit lainnya yang keberadaannya terus menjamur di kota pahlawan ini. Karena, hanya pohonlah yang mampu menghasilkan oksigen untuk manusia, bukan beton.

flora2

Danau buatan yang merupakan salah satu spot favorit bagi pengunjung untuk mengabadikan momen (Dok. Pribadi)

Fasilitas outbond sebagai hiburan bagi anak-anak (Dok. Pribadi)

Fasilitas outbond sebagai hiburan bagi anak-anak (Dok. Pribadi)

Rully Novianti

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*