Event Update

Hidup Penuh Pejuangan

Oleh : Sitti Kurnia Apriliani_Reporter Magang
Perjuangan mengarungi belantara kehidupan memang sulit. Tidak semua orang yang mampu hidup sesuai harapan yang ia inginkan. Banyak yang tak punya harta dan berusaha mengais sisa-sisa rezeki. Dan tak sedikit  dari yang banyak harta namun berusaha mencari  kebahagiaan.
            Seperti halnya penjual susu segar, yang sudah tua, didepan gerbang asrama. Dia selalu menunggu datangnya pelanggan walau menunggu hingga gerbang asrama tutup karena jam malam tiba. Sedih memang. Ia hanya mampu menjual beberapa buah tiap harinya bahkan ia tidak menjual satupun dari apa yang ia bawa. Dan esok ia kembali datang dengan jaket parasut tipisnya seraya berteriak lirih kembali memanggil orang-orang yang tiada yang menghiraukan keberadaannya. Namun, bapak tua itu masih semangat dalam menjalaninya.
            Ada juga pemulung setengah baya yang berkeliling dari satu tong sampah ke tong sampah lainnya. Ia membawa dua orang anaknya yang masih kecil. Anak yang paling tua kira-kira berumur 4 tahun. Ia berjalan mengikuti sang ibu, mencoba membantu memunguti sampah dengan kaki tak beralas dan berbaju lusuh. Saat ia berhenti didepan auditorium AHN, kala ada acara seminar, ia hanya memandangi kotak-kotak nasi yang tertumpuk rapi di atas meja panitia.
Melihat hal itu, panitia berbaik hati memberikan mereka nasi 2 kotak. Betapa bahagianya bocah-bocah kecil itu mendapat makan berlauk ayam. Ia berlari girang dengan tapak kaki kecilnya yang sudah menghitam kotor karena tanah. Sang ibu tertawa senang melihat buah hatinya begitu bahagia.
Tanpa mereka sadari,  ada setetes air dari mata hati yang perih melihat kondisi ini, masih ada keceriaan dalam diri mereka walau tengah dalam jeratan kemiskinan. Tampaknya syukur dan semangat hidup yang ada dalam diri mereka memang suatu langkah bisa melalui lautan kehidupan dengan kebahagiaan.

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*