Event Update

MENYELURUH BERDASARKAN GOTONG ROYONG ALA KABINET KERJA

1502171443821

Pembukaan rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Ekologi Manusia ke-12 (7/08) terasa spesial dengan kehadiran Puan Maharani, S.Ikom selaku Menteri Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia. Puan Maharani menyampaikan orasi ilmiah yang bertemakan “Revolusi Mental dan Pembangunan Berkelanjutan” dalam kedatangannya. Perayaan tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution Kampus IPB Dramaga. Selain Puan, beberapa staf khusus Menko PMK dan Walikota Bogor Bima Arya turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam orasi ilmiahnya Puan, menyampaikan tentang bagaimana asupan gizi yang baik “Pemerintah telah melakukan berbagai macam cara untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang baik melalui Kartu Indonesia Pintar, Bidikmisi, LPDP, dll. Namun, bila asupan gizi yang diterima anak Indonesia sebelum berangkat sekolah tidak mencukupi, otomatis si anak tidak akan maksimal dalam proses belajarnya di sekolah, “ ujar Puan.

Puan pun memaparkan tentang Visi Pembangunan yang digagas Kabinet Kerja Pak Jokowi yaitu, Menjadikan Indonesia berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Indonesia kini gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur diberbagai daerah di Indonesia seperti Trans Papua, Trans Sulawesi, Trans Sumatera dll. Mahasiswa juga dapat berperan dalam proses menyukseskan pemerataan pembangunan, selain lewat kajian-kajian ilmiah,” terang Puan.

Selain itu dijelaskan bahwa di bawah kementrian Kesehatan RI terdapat Program Nusantara Sehat, yaitu mereka yang mengabdikan hidup mereka untuk menjadi garda terdepan menjaga kesehatan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Mereka akan dilatih semi-militer agar mereka memiliki kemampuam yang mumpuni untuk hidup bersosialisasi serta menjaga kesehatan para masyarakat di daerah 3T.

Diakhir orasi ilmiahnya, Puan menyampaikan tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Puan yakin apabila seluruh elemen masyarakat baik pemerintah, akademisi, mengenyampingkan ego untuk memajukan bangsa, maka seluruh permasalahan bangsa ini akan terselesaikan dengan baik dan menyeluruh.

 

Khalifardinof

Ed :Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*