Event Update

Aksi Nyata Ekologi, BEM FEMA Rilis Water Bottle Refill Station

Sumber : Anita J.

Sumber : Anita J.

Sampah plastik akibat botol minuman kemasan bukan menjadi hal baru di lingkungan Kampus IPB maupun di tempat umum lainnya. Berawal dari keresahan tersebut, Kamis (08/02) lalu, Departemen Lingkungan Hidup (DLH) BEM FEMA resmi merilis Water Bottle Refill Station  yang diletakkan di Koridor IKK, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

Ketua DLH BEM FEMA, Maudy Arnita Razak, menyatakan bahwa tujuan awal diadakannya program ini adalah untuk mengajak seluruh mahasiswa FEMA beralih menggunakan tumblr dan melakukan isi ulang air minum tanpa menghasilkan sampah plastik.

Hingga saat ini, dana untuk penyediaan Water Bottle Refill Station masih ditanggung oleh pihak DLH BEM FEMA. Ada beberapa tahapan dalam program ini. Tahap pertama sebagai uji coba akan diberlakukan pengisian tumblr secara gratis. Tahap kedua akan dikenakan biaya seikhlasnya, kemudian tahap ketiga rencananya akan dilakukan penetapan biaya. Biaya yang ditetapkan akan dipertimbangkan sehingga diharapkan tidak akan membebankan mahasiswa.

“Sementara program aksi ini berjalan, kita terus berusaha berkonsultasi dengan pihak dekanat terkait masalah dana. Namun terkait antisipasi pencairan dana yang relatif lama, kami juga berusaha memikirkan alternatif lain seperti mencari donatur,” jelas Maudy.

Pemantauan dan perawatan Water Bottle Refill Station saat ini dilakukan oleh pengurus DLH BEM FEMA dibantu dengan petugas IKK. Selama masa uji coba, Water Bottle Refill Station akan disediakan mulai Senin hingga Jumat. Namun, jika mendapat respon yang baik dari seluruh civitas FEMA, Water Bottle Refill Station ini akan diusahakan tersedia setiap hari.

“Sebagai mahasiswa ekologi, kami berharap dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk bisa ikut juga dalam aksi ekologi sederhana ini,” tambah Maudy.

Anita Julinah

Ed : Efi S

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*