Koran Maba edisi 56: Hak Jawab Spartan (Supporter Sekolah Vokasi)

Tulisan mengenai Spartan pada rubrik fakultas

Tercatat Jumat (9/8) lalu, Koran Kampus telah membagikan Koran Mahasiswa Baru (Kormab) Edisi Angkatan 56. Pada halaman 12 dan 13 terdapat rubrik Fakultas yang bertopik tentang satuan suporter masing-masing fakultas dan sekolah di IPB. Spartan, suporter Sekolah Vokasi memberikan hak koreksi pada redaksi terkait isi dalam rubrik Fakultas.

Koreksi

Terkait adanya keluhan dari warga Sekolah Vokasi atas kesalahan yang dibuat oleh Koran Kampus pada cetakan koran yang beredar. Maka kami meminta dengan tegas kepada Koran Kampus untuk membuat klarifikasi terhadap kesalahan yang dibuat. Kami Spartan Vokasi meminta kepada pihak Koran Kampus untuk:

1) klarifikasi dan tindakan dari pihak Koran Kampus terkait kesalahan penulisan dan juga harus dilakukan tindakan pengunggahan ulang untuk menyiarkan berita pada singkatan “SB” yang harus diganti menjadi “SV”;
2) mengganti kalimat “Juara ‘Best Supporter’ sebanyak tiga kali” menjadi “Juara Olimpiade Mahasiswa IPB (OMI) sebanyak tiga kali”.

Tentunya permintaaan kami tidak lain ialah untuk menghapus kesalahpahaman yang akan terjadi nantinya di lingkungan Sekolah Vokasi ataupun Institut Pertanian Bogor.

Klarifikasi

Pihak redaksi memastikan bahwa memang terjadi kesalahan penulisan yang berpotensi dapat bersifat tendensius terhadap pembaca:

1) kami menyingkat Sekolah Vokasi yang seharusnya “SV” menjadi “SB” sebanyak dua kali, hal ini dapat mencampuradukkan persepsi pembaca terhadap Sekolah Vokasi dengan Sekolah Bisnis IPB;
2) terdapat salah kaprah dalam penulisan sehingga terjadi misinterpretasi gelar.

Dengan ini, kami memohon maaf terhadap pihak Spartan Vokasi atas kelalaian yang terjadi. Tindakan penanggulangan dengan pencetakan ulang Koran Mahasiswa Baru Edisi Angkatan 56 dinyatakan tidak memungkinkan. Kendati begitu, kesalahan penulisan akan redaksi sunting terlebih dahulu sebelum mengunggah Koran Mahasiswa Baru Edisi Angkatan 56 daring (electronic paper) yang dapat diakses di web utama Koran Kampus. Diharapkan pembaca dapat memahami secara seksama.

 

Penulis: Redaksi

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.