Puluhan Hewan Kurban Semarakkan Iduladha di Al-Hurriyah

 

Dokumentasi: Panitia Al-Hurriyah IPB

Selesai melaksanakan salat iduladha (11/8), lingkungan Masjid Al-Hurriyah disibukkan dengan persiapan penyembelihan hewan kurban. Suara hewan kurban saling bersahut-sahutan memenuhi sekeliling atmosfer. Panitia pun sibuk mempersiapkan diri dan lokasi penyembelihan.

Total terdapat 7 sapi, 7 kambing, dan 24 domba yang siap untuk dikurbankan. Termasuk di antaranya sapi kurban milik keluarga Rektor Dr. Arif Satria dan sapi kurban serahan IPB secara institusi.

“Agenda ini (pemotongan kurban) merupakan acara rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan di Al-Hurriyah. Penyembelihan hewan kurban dilakukan di sekitar lingkungan masjid. Untuk panitia kurbannya sendiri terdiri dari marbot Masjid Al-Hurriyah dan para relawan,” jelas M. Saddam Ali, senior marbot.

Dokumentasi: Panitia Al-Hurriyah IPB

Hewan-hewan kurban berasal dari dosen, mahasiswa, dan masyarakat lingkar kampus IPB. Daging kurban kemudian didistribusikan mulai siang hari kepada civitas IPB, termasuk karyawan dan mahasiswa IPB, serta masyarakat lingkar kampus.

Semarak hari raya sangat kental terasa di lingkungan Al-Hurriyah. Harapannya, semarak hari raya ini terus terulang setiap tahun. Selain sebagai sarana pemenuhan perintah agama, kegiatan seperti ini sangat bagus untuk membangun modal sosial baik bagi mahasiswa maupun masyarakat itu sendiri.

Alferdian Achmad
edited: aditmukt

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.