Event Update

AWL, Aplikasi untuk Sistem Buruh yang Lebih Baik

Ilustrasi oleh: Kamal Mustofa

Ilustrasi oleh: Kamal Mustofa

Pandangan kepada buruh yang seringkali dipandang sebelah mata menggerakkan mahasiswa IPB Fakultas Ekonomi dan Manajemen 51, Agung Suharyana untuk membuat sebuah aplikasi bernama Automatic Walfare of Labor (AWL). Sebuah aplikasi yang menghubungkan pihak perusahaan dengan buruh dalam transaksi pekerjaan dan dapat mengurangi biaya perusahaan untuk perekrutan tenaga kerja.
Di dalam AWL akan tersimpan database perusahaan  Indonesia. AWL pun akan dapat memudahkan buruh untuk mendapatkan akses pekerjaan, perusahaan juga akan dimudahkan dalam perekrutan buruh, karena di dalam database akan menampilkan status aktif atau pasif setiap buruh.
Aplikasi yang berawal dari Program Krativitas Mahasiswa Gagasan Teknologi (PKM-GT) ini  telah mendapatkan apresiasi dari pihak kementrian ketenagakerjaan oleh dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Haiyani Rumondang beserta jajarannya. Agung diundang untuk mempresentasikan AWL di Gedung Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Saat ini AWL masih dalam bentuk blue print dan jika sesuai rencana akan direalisasikan tahun 2018.
“ Mohon doanya saja, saat ini AWL sedang dipelajari oleh salah satu perusahaan IT dan ada beberapa hal yang diperbaiki. Semoga aplikasi ini dapat menjadi solusi alternatif dalam permasalahan buruh di Indonesia, ” ujar Agung.

 

KARINA RAHMI MAULIDYA
Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*