Ditinggal Mahasiswa Ke Kampung Halaman, Student Center IPB Dibobol

Senin (11/5), Student Center IPB dibobol pencuri. Student Center merupakan fasilitas yang diberikan kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IPB untuk menunjang kegiatan–kegiatan UKM. Pencuri diduga masuk melalui kaca pintu kamar mandi putri. Ada 8 ruang UKM yang berhasil dimasuki, yaitu ruangan milik UKM Association International des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales IPB (AIESEC IPB), Seni Religi, Agria Swara, Tarung Drajat, Koran Kampus IPB, Sepak bola, International Debate Club (IDC), dan Keluarga Mahasiswa Budhhis (KMB).

Kasus pencurian di Student Center terjadi lantaran IPB sedang menerapkan particially closed down sehingga seluruh mahasiswa dihimbau untuk pulang ke kampung halamannya dan melakukan perkuliahan secara daring. Ruangan–ruangan tersebut juga menggunakan kunci gembok sehingga mudah dicongkel. Kabar pencurian di Student Center IPB baru diketahui pada Selasa (12/5) pukul 09.30 WIB dan dilaporkan kepada pimpinan pukul 10.00 WIB.

Menurut Sutopo, S.E, MM, pimpinan Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB, kasus pencurian ini akan ditindaklanjuti apabila sudah diketahui barang apa saja yang hilang. Hal ini lantaran pemilik ruangan tidak berada di lingkungan Kampus IPB sehingga tidak memungkinkan mengecek secara langsung.

“Gedung Student Center, Gymnasium, kemudian Asrama Kepemimpinan memang tidak dijaga secara khusus, kami (UKK) melakukan pengamanan hanya dengan patroli. Tadi malam (11/5) tidak mengecek sampai ke belakang, hanya di foto dari depan patrolinya. Jadi, tidak ketahuan karena posisi kamar mandi ada di belakang,” ucap Sutopo.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi kasus yang sama, akan dipasang kunci kamar mandi dan pemasangan tralis di Student Center. Sedangkan untuk patroli dari UKK tetap dilakukan secara berkala karena jumlah satpam yang tidak sepadan dengan wilayah kampus yang sangat luas. Menurut Sutopo, pihaknya sudah berulang kali mendesak pimpinan baik secara tertulis maupun lisan untuk memasang CCTV di area yang tidak dijaga satpam.

“Barang di ruangan Koran Kampus alhamdulillah aman, tapi pen tablet posisinya sudah dikeluarkan dari tempatnya dan diletakkan di lantai serta barang–barang lainnya diacak-acak,” ucap Errizqi Dwi Cahyo, Pimpinan Umum Koran Kampus IPB terkait kabar dan kondisi setelah pencurian di Student Center IPB.

Ilustrator : Ramadhanti Nisa P
Editor : Puput Lestari

Indri Mariska

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.