Dosen dan Tendik IPB Lakukan Vaksinasi Covid-19

Per hari Senin (8/3), sekitar 1.600 tenaga pengajar di Kota Bogor, termasuk kurang lebih 1.400 dosen dan tenaga pendidik (tendik) Institut Pertanian Bogor (IPB), lakukan vaksinasi Covid-19 di IPB International Convention Center (IICC), mulai pukul 08.00–15.30 WIB. Vaksinasi dilakukan melalui kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dan IPB, yang didukung oleh puskemas dan rumah sakit se-Kota Bogor.

Dikutip dari beritakbb.com, terdapat sejumlah 1.200 total dosen IPB dan 2.500 tenaga pendidik. Hal ini disampaikan oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si. “Kami berharap agar mahasiswa bisa segera divaksin, karena akan membuat kuliah tatap muka berjalan baik,” tuturnya.

Terdapat prosedur awal dalam pemberian vaksin. “Data dosen dan tendik yang berdomisili di Kota Bogor, dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan domisili, kita serahkan ke Dinkes Kota Bogor. Kemudian akan dipanggil sesuai ketersediaan vaksin,” ujar Titik Nurhayati, Kepala Unit Kesehatan IPB, Selasa (9/3).

Vaksin akan diberikan dalam dua dosis. Dosis pertama pada tanggal 8-10 Maret dan dosis kedua pada tanggal 22-24 Maret. Khusus untuk masyarakat dengan usia di atas 60 tahun, dosis kedua diberikan dengan jarak 28 hari, yaitu pada tanggal 5 April 2021.

“Pada dosis pertama, imun belum terbentuk secara sempurna. Dosis kedua kita sebut dengan booster, sehingga diharapkan dapat memperkuat imun kita dalam memproduksi antibodi yang dapat mencegah infeksi virus,” lanjut Titik.

“Kami berharap kepada mahasiswa dan masyarakat agar tidak ragu dan tidak takut divaksin,” tutupnya.

Sumber gambar: dokumentasi narasumber

Avatar

Farah Diba Aulia

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.