Dukung Petani, BEM KM dan LPPM IPB Gelar Pasar Rakyat Tani

Sumber: alferdian achmad
Sumber: alferdian achmad

Stan-stan berjajar rapih di lapangan Andi Hakim Nasoetion pada Minggu (23/9) pagi itu. Berbagai produk pertanian segar dan olahan dari Ormawa, UMKM, serta kelompok tani tertata dengan manis. “Pasar” ini diselenggarakan oleh BEM KM IPB bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB yang memperlihatkan konsep dan hasil pengabdian oleh LPPM dan bina desa ormawa. Pasar Rakyat Tani membawa nuansa yang berbeda bagi pengunjung yang hadir.
“Saya menginginkan IPB punya andil besar dalam pembinaan masyarakat dan petani lingkar kampus. LPPM IPB harus punya peran untuk mendongkrak sektor pertanian dan kesejahteraan petani,” ujar Rektor Arif Satria saat menyampaikan sambutannya.
LPPM IPB berkesempatan untuk memperkenalkan kegiatan mereka: Pasar Rakyat, Agripoint, dan Snack Sehat Kampung Posdaya. Launching kegiatan LPPM IPB ini diresmikan secara simbolis oleh rektor.
Pengunjung antusias untuk mengunjungi berbagai stan yang ada. Mereka membeli atau hanya sekadar bertanya tentang produk pertanian yang terpajang. Pengunjung juga dapat menikmati hasil olahan pertanian yang dibeli sembari menyaksikan penampilan kesenian di panggung utama.
“Untuk mendukung kegiatan ini (Pasar Rakyat Tani), kami berkolaborasi dengan kegiatan lain seperti Festival Dolanan Anak dan Fun Run,” jelas Danu Mandra Pratama, Menteri Pertanian dan Desa BEM KM IPB.
Festival Dolanan Anak, mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar di luar rumah. Kegiatannya antara lain mewarnai, melukis, mainan edukatif, dan beberapa permainan lainnya. Di sisi lain, Fun Run merupakan rangkaian kegiatan dari IPB National Cup yang terbuka untuk mahasiswa dan umum.
“Untuk mendukung petani khususnya lewat momentum Hari Tani teman-teman dapat menghargai petani dengan membeli produk petani lokal dan bisa juga melakukan aksi apabila berminat dibidang pergerakan. Pasar Rakyat Tani sendiri merupakan aksi horizontal yang berfokus dibidang pengabdian. Kami berharap hasil-hasil binaan Ormawa, LPPM, dan kelompok tani ini terwadahi serta membuka akses pasar seluas-luasnya,” tutup Danu.

Alferdian Achmad
Ed : Karina Rahmi M.

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.