Enrichment Course: Program Kurikulum 2020

IPB University telah memberlakukan kebijakan baru melalui Kurikulum Pendidikan IPB 4.0 (K2020 Multistrata) sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu kompenen dalam struktur Kurikulum 2020 adalah Enrichment Course (EC) yang mencakup multi kegiatan berupa mata kuliah (course) atau kegiatan (program/activities).

Enrichment Course dapat dipilih dengan mengambil mata kuliah dari program studi lain baik dalam IPB University atau dari program studi lain dari Perguruan Tinggi lain (dalam dan luar negeri). Enrichment Program dibagi ke dalam empat klaster, yaitu mobility program dan kompetisi, minat bakat dan pengabdian masyarakat, kompetisi dan studi independen, serta kepemimpinan dan kewirausahaan.

Bentuk Activities based Enrichment Course dapat dilakukan melalui kegiatan kompetisi/lomba, summer course, konferensi/seminar, kegiatan wirausaha, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan minat bakat, magang, sertifikasi kompetensi, kepemimpinan dan organisasi, dan bentuk kegiatan lainnya yang dapat disetarakan SKS-nya dan diakui sebagai mata kuliah.

Beban yang dimiliki Enrichment Course secara total sebesar 21-22 SKS yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa IPB angkatan K2020. Dalam acara “Bincang Akademik” pada Selasa (2/2), Dr. Ir. Afra D.N Makalew, M.Sc selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian IPB University menyampaikan bahwa kegiatan Enrichment dapat dilakukan secara terencana maupun pengakuan lampau kegiatan.

Mahasiswa harus berkonsultasi bersama dosen pembimbing penggerak mengenai kegiatan Enrichment yang mendukung pilihan karir dan kompetisi yang diharapkan. Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan pengakuan lampau kegiatan, wajib menyertakan bukti kegiatan berupa sertifikat yang mencakup: deskripsi kegiatan, jam aktifitas kegiatan, bukti kehadiran, dan keterangan lain yang dibutuhkan melalui Berita Acara Aktifitas (BAA) di SIMAWA.

Struktur/komponen Kurikulum 2020 pendidikan program sarjana IPB pada tingkat 1 yakni PPKU (fundamental prodi), lalu ditingkat 2 dan 3 yakni mencari literatur, mata pelajaran interdepartemen, dan mayor. Sedangkan ditingkat 4 yakni magang, KKN-T, dan capstones. Pengayaan mata kuliah/Program (elektif): pengayaan mata kuliah / Magang International, Corp, Magang BUMN, Kompetisi, Pertukaran, dan lainnya.

IPB memberikan rencana respon antisipatif, yakni IPB future learning framework yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas belajar, menanamkan seumur hidup belajar, pergeseran pengetahuan dari acquisition ke tandem, dan pengembangan keahlian di luar program studi. Pendidikan IPB 4.0 dengan K-2020 Multistrata dilakukan dengan Success by Design dengan tujuan pendidikan IPB 4.0 untuk menciptakan seorang pelajar yang pintar (terus belajar) dengan pola pikir dan skillsets.

Penulis: Ledia dan Putri Arum Puspitasari
Editor: Putri Arum Puspitasari

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.