Event Update

IPB Bangun Bank Sampah Tahun Ini

Sumber : Khalifardinof

Sumber : Khalifardinof

Institut Pertanian Bogor dalam waktu dekat akan memiliki Bank Sampah. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor IV Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Ir. Erica B Laconi, MS, pada acara Sosialisasi Program Pengelolaan Sampah IPB di Auditorium FMIPA, Kamis (15/03). Acara tersebut digagas oleh IPB bekerja sama dengan Departemen ESL FEM IPB, Agrianita, HA IPB, Himpunan Profesi ESL (REESA), dan CV Majestic Buana Group sebagai pihak swasta.

“Dalam satu tahun, IPB menghasilkan 12.000 m3 sampah dan 63% diantaranya belum termanfaatkan. Keberadaan pemulung juga masih menimbulkan kontroversi. Bahkan pernah ada kasus ditemukan kursi-kursi kuliah didalam gerobak sampah pemulung,“ ungkap Dr. Meti Ekayani selaku presentator pada acara tersebut.

Adanya Bank Sampah ini nantinya akan melibatkan elemen mahasiswa dalam pengelolaannya. Dr Meti Ekayani dari Departemen ESL IPB mengungkapkan bahwa keterlibatan mahasiswa diperlukan demi suksesnya program ini. Mahasiswa ikut mengelola sekaligus menjadi nasabah Bank Sampah IPB. Hal ini sejalan dengan penekanan dari Wakil Rektor IV IPB untuk menanamkan budaya bersih pada seluruh civitas IPB. Adanya Bank Sampah ini diharapkan semua civitas IPB mulai menanamkan budaya bersih. Beliau juga menekankan pengelolaan serius Bank Sampah ini.

“Saya ingin Bank Sampah ini harus dikelola dengan serius, saya harap program ini bisa di dukung oleh Biro Umum selaku penanggung jawab pengelolaan sampah di IPB, agar program ini tidak hanya menjadi wacana” ungkap Wakil rektor IPB tersebut.

Khalifardinof

Ed : Efi S

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*