IPB: Menuju KKN-Tematik 2021

Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) untuk KKN-Tematik 2021 bagi mahasiswa semester 6 program sarjana IPB University akan dibuka pada 15-17 Maret 2021. Pengisian KRS ini merupakan langkah awal yang perlu dilakukan mahasiswa yang hendak mengikuti KKN-T di tahun 2021.

Dr. Ir. Ninuk Purnaningsih, M.Si. selaku koordinator KKN-T dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menjelaskan, “Sosialisasi lebih lanjut akan dilakukan secara bertahap. Untuk sekarang, mahasiswa diharapkan mengisi KRS terlebih dahulu.”

Terkait dengan pelaksanaan KKN-T tahun ini, Dr. Ninuk mengatakan bahwa masih menunggu perkembangan pandemi dan akan diputuskan bersama pihak rektorat.
“Apakah nanti akan daring atau luring akan diputuskan bersama termasuk mengenai KKN-T ini,” jelas Dr. Ninuk.

Tujuan yang diharapkan dari program KKN-T di antaranya adalah kepedulian, kemampuan dalam merencanakan program, komunikasi, beradaptasi, berpikir kreatif, serta membangun mitra dan jejaring. Berdasarkan evaluasi program KKN-T tahun sebelumnya yang dilakukan per domisili, lebih dari 80% mahasiswa menyatakan bahwa tujuan programnya tercapai.

Dr. Ninuk juga mengutarakan beberapa harapannya agar pelaksanaan program KKN-T tahun ini berjalan baik dan lancar. Pertama, mahasiswa yang hendak mengikuti program KKN-T senantiasa akomodatif dan tertib mengikuti alur tahapan yang telah disampaikan. Kedua, ketika mahasiswa mendapati masalah atau kendala sebaiknya segera melaporkan kepada departemen masing-masing. Ketiga, mahasiswa hendaknya proaktif karena di lapangan akan dituntut untuk melakukan banyak hal. Keempat, mahasiswa tetap menjaga kesehatan dan mengikuti semua protokol kesehatan yang ada.

“Harus tetap semangat karena ini semua
bagian dari pembelajaran. Ketika kita selesai melakukannya, tentu kita akan memiliki pengalaman yang lebih baik,” tutup Dr. Ninuk.

Editor: Putri Arum Puspitasari

Avatar

Tia Nurdianty Ameylia

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.