Event Update

IPB Raih Predikat WTP Delapan Tahun Berturut-turut

118668

Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada bulan September 2016 dari Kantor Akuntan Publik Kreston-Hendrawinata Eddy Siddharta & Tanzil. Kepala Bagian Pengendalian Anggaran dan Pelaporan Keuangan, Biro Keuangan IPB, Setiawan, SE menyampaikan pendapat opini WTP ini adalah hasil pemeriksaan akuntan eksternal terhadap entitas atas asersi manajemen laporan keuangan dalam suatu periode akuntansi yang disusun berdasarkan standard akuntansi yang diterima umum dan diaudit menggunakan norma pemeriksaan akuntan.

Standar opini akuntan tersebut antara lain adalah Unqualified opinion (wajar tanpa pengecualian atau WTP), Qualified opinion (wajar dengan pengecualian atau WDP), Disclaimer (laporan akuntan tanpa pendapat), Adverse opinion (pendapat tidak setuju).

Lebih lanjut Setiawan menyampaikan, status laporan keuangan IPB yang Wajar Tanpa Pengecualian berdasarkan Laporan Auditor Independen nomor 125/04/IS/I/15. Predikat WTP Laporan Keuangan ini untuk periode akuntansi Laporan Keuangan Tahun 2015. Predikat Opini Akuntan hanya berlaku untuk satu tahun, yaitu hanya pada periode Laporan Keuangan. Predikat WTP diraih IPB sudah delapan tahun berturut-turut, yaitu 2008-2015.

Ditambahkan Setiawan, Opini WTP artinya Laporan Keuangan (LK) adalah opini yang tertinggi. Untuk mendapatkan itu, LK harus disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), laporan aktivitas, laporan arus kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dan penjelasan laporan keuangan yang disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan.

Upaya yang dilakukan Tim Keuangan IPB untuk meraih WTP adalah melakukan koordinasi dengan semua unit di lingkungan IPB sebagai entitas pelaporan keuangan. Selanjutnya peningkatan kualitas pengendalian intern dan melakukan pengujian bukti serta pelaksanaan prosedur untuk memperoleh keyakinan bahwa seluruh proses keuangan telah terekam sesuai standard akuntansi. Terkait penilaian WTP ini, Setiawan berharap ke depan IPB dapat mempertahankan dan menjaga kualitas penyusunan LK, supaya mendapatkan opini yang sama dengan tahun ini.

Kontributor : Humas IPB

Editor : M Qomarul Huda

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*