Mahasiswa IPB Positif COVID-19

Beberapa hari sejak dikeluarkannya kebijakan IPB terkait virus corona, kini beredar informasi mengenai adanya mahasiswa IPB yang dinyatakan positif COVID-19. Informasi ini pertama kali diunggah dalam laman OKEZONE.com pada Selasa (17/3) pukul 18.58 WIB. Melalui edaran resmi dari Biro Komunikasi IPB, Yatri Indah Kusumastuti membenarkan adanya informasi tersebut.

Mahasiswa yang dinyatakan positif COVID-19 diduga merupakan mahasiswa sarjana IPB dan berkemungkinan besar tertular virus corona dari sang ayah yang lebih dulu dinyatakan positif COVID-19. Mahasiswa ini diketahui tinggal di sebuah indekos di kawasan Sempur, Bogor. Dilansir dari OKEZONE.com, sebelumya ia sempat masuk ke dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) hingga akhirnya dinyatakan positif.

IPB telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor untuk membawa mahasiswa yang bersangkutan ke lokasi karantina di Jakarta sesuai dengan protokol yang berlaku. Pemantauan terus dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari kasus ini. Menurut surat edaran yang sama, dari pihak IPB sendiri telah menghubungi pihak-pihak yang kemungkinan besar melakukan kontak dengan mahasiswa tersebut.

“Sudah kami lakukan,” ujar Yatri, Kepala Biro Komunikasi IPB mengklarifikasi isi surat edaran di atas.

Pihak yang telah teridentifikasi melakukan kontak dengan korban dihimbau untuk melakukan karantina mandiri sesuai dengan protokol yang ada. IPB dan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor mengingatkan agar seluruh civitas IPB tidak panik dan tetap tenang yang dibarengi dengan menjaga kesehatan serta melaksanakan protokol hidup sehat dan social distancing sesuai ketentuan World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan sangat dianjurkan.

Fotografer: Febrina Anisa U.
Editor: Yuniar Galuh Nur Fatiha

Errizqi Dwi C

Errizqi Dwi C

Mahasiswa kedokteran hewan angkatan 54 di Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.