IPB University mengadakan siaran Zoom secara langsung dengan judul “IPB-Academic Enterprise Zoom Service” pada Senin, 9 Agustus 2021. Siaran tersebut bertujuan untuk menginformasikan cara aktivasi akun Zoom premium yang diberikan IPB University kepada seluruh dosen dan mahasiswa. Narasumber pada siaran tersebut adalah Bapak Julio Adisantoso (Direktur DSITD IPB University) dan Bapak Dean Apriana Ramadhan (Asisten Direktur DSITD IPB University).
Seluruh akun Zoom premium akan didaftarkan oleh pihak IPB, sehingga mahasiswa dan dosen tidak perlu melakukan pendaftaran sendiri. Mahasiswa dan dosen hanya perlu mengaktivasi akun tersebut melalui e-mail. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Julio, “Tidak ada skema pendaftaran personal, jadi dosen maupun mahasiswa tidak perlu repot mendaftarkan diri, karena data yang tercatat di IPB otomatis akan dikirimi notifikasi.”
Khusus untuk dosen, aktivasi sudah dapat dilakukan dari tanggal 9 hingga 13 Agustus jika sudah mendapatkan e-mail dari Zoom. Sedangkan untuk mahasiswa, diperkirakan aktivasi akun Zoom premium baru bisa dilakukan mulai tanggal 15. “Untuk mahasiswa mungkin minggu depan baru mulai, karena minggu ini datanya masih KRS, status mahasiswa yang aktif dan tidak aktif juga masih disinkronisasi dengan data di Simak,” ucap Pak Julio.
Cara untuk aktivasi akun Zoom premium adalah pertama dengan masuk ke e-mail @apps.ipb.ac.id, kemudian periksa apakah sudah ada e-mail dari Zoom. Jika sudah menerima e-mail, maka bisa langsung klik aktivasi yang ada pada e-mail tersebut. Disarankan menggunakan laptop atau PC untuk melakukan aktivasi ini. Selanjutnya akan diarahkan untuk masuk ke akun Zoom, dianjurkan untuk menekan tombol sign in with Google, kemudian log in menggunakan akun @apps.ipb.ac.id. Pilihan sign in with Google akan lebih mudah dan sebaiknya digunakan untuk kepemilikan pribadi.
“Akan muncul tiga model aktivasi yang bisa dipilih. Kami sarankan memilih pilihan sign in with Google, agar nanti tidak perlu repot menghafal password, karena nanti akan sama dengan akun @apps.ipb.ac.id masing-masing. Pilihan kedua, sign up with a password biasanya dipilih jika akunnya akan diberikan kepada orang lain, biasanya untuk akun yang menjadi milik unit, bukan perorangan. Sedangkan sign in with Facebook tidak disarankan karena takut menimbulkan kebocoran data,” ucap Pak Julio.
Sebagai langkah terakhir, tekan link and sign in, kemudian akun Zoom premium sudah bisa digunakan. Aktivasi ini akan lebih mudah dan singkat dilakukan jika memilih sign in with Google. Pilihan sign in with a password tidak disarankan untuk dosen dan mahasiswa.
“Aktivasi mudah dilakukan hanya dengan tiga langkah. Yang menjadi perhatian adalah bagi yang sudah memiliki akun Zoom premium personal, tetapi dengan sumber dana dari RKA IPB, akunnya harus ditutup dan dimigrasi,” ucap Pak Julio.
Migrasi dapat dilakukan dengan mendapatkan e-mail dari Zoom, pada e-mail tersebut akan ada pilihan pengembalian dana (refund). Ada dua pilihan pengembalian, disarankan untuk memilih refund to account agar dana dapat langsung kembali ke IPB. Sedangkan jika memilih refund to me, akan sulit mekanismenya untuk mengembalikan dana tersebut ke IPB.
Reporter: Khadija Sakinah Kusumadila
Sumber gambar: https://ict.ipb.ac.id/sosis/
Editor: Tsurayya Syifa Azmira
Tambahkan Komentar