Event Update

MOU IPB dengan Wantannas, Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi untuk Ketahanan Negara

Sumber: Humas IPB

Sumber: Humas IPB

Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan penandatanganan naskah kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) untuk melakukan kerja sama dalam penyelenggaraan ketahanan negara. Penandatanganan tersebut berlangsung di IPB International Convention Center (IICC) Bogor pada Jumat (8/6). Penandatanganan antar kedua pihak tersebut dilakukan oleh Letnan Jenderal TNI Doni Monardo selaku Sekretaris Jenderal Wantannas dan Dr. Arif Satria, SP, M.Si selaku Rektor IPB. Kerja sama akan berlangsung selama lima tahun yang berfokus pada cakupan aspek Tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Acara diawali dengan penandatanganan naskah dilanjutkan dengan sambutan masing-masing perwakilan pihak. Di dalam sambutannya, Doni mengatakan bahwa Wantannas mempercayai IPB secara institusional terkait kelimuan lingkungan hidup dan pangan yang dianggap dapat mendukung penyelenggaraan ketahanan negara. Beliau bermaksud untuk mengembangkan komoditas pertanian khas tiap daerah yang berkualitas sehingga turut membangun perekonomian masyarakat.

“Saya percaya IPB bisa menjalin kerja sama dan saling tukar ilmu dengan perguruan tinggi di tiap daerah supaya dapat mengembangkan komoditas pertanian daerah yang tidak kalah saing, ujarnya saat diwawancara lebih lanjut. Beliau juga menuturkan bahwa mempertimbangkan melakukan pengerahan tenaga militer untuk turun ke masyarakat dalam praktik ketahanan negara.

Penyusunan program kerja sama perdana mengarah pada Kerja Sama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik serta Program Citarum Harum dan Replanting Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Arif mengakui telah menempuh langkah awal untuk menyongsong progam tersebut dengan penempatan mahasiswa di DAS Citarum. Beberapa mahasiswa kami telah berada di sana (red: Citarum) untuk melaksanakan kegiatan KKN, tegasnya saat diwawancarai seusai acara.

 

Aditya M

Editor : Efi S

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*