Event Update

Satelit LAPAN A3 IPB Resmi Diluncurkan

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) telah meluncurkan satelit LAPAN A3-IPB pada hari Rabu (22/06) di Sriharikota, India. Satelit ini resmi meluncur pada pukul 10:55 WIB. Dalam peluncuran satelit ini dihadiri pula oleh perwakilan dari berbagai negara di dunia.

Satelit yang memiliki berat 115 kilogram ini sukses diluncurkan dengan misi penginderaan jarak jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan. selain itu, satelit ini juga mampu melakukan pemotretan daerah pertanian, pendeteksi kapal laut, pengukuran medan magnet bumi, serta uji komponen satelit hasil rekayasa LAPAN (reaction wheel dan star sensor). Muatan pengindera satelit LAPAN-IPB yang berupa 4 bands multispectral imager beresolusi 18 meter dengan swath 100 kilometer.

1

Dokumentasi DDNational India dalam peluncuran satelit LAPAN A3-IPB

2

Dokumentasi DDNational India dalam peluncuran satelit LAPAN A3-IPB

4

Dokumentasi DDNational India dalam peluncuran satelit LAPAN A3-IPB

9

Dokumentasi DDNational India dalam peluncuran satelit LAPAN A3-IPB

LAPAN-A3/IPB Satellite dikembangkan atas kerjasama LAPAN dan IPB untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perancangan dan pembangunan satelit oleh bangsa Indonesia agar kita menguasai teknologi ini, baik untuk tujuan eksperimental maupun operasional. LAPAN bertanggung jawab dalam desain, pengembangan, peluncuran, sampai penerimaan data satelit. IPB bertanggung jawab dalam pengembangan algoritma, pemanfaatan, dan aplikasi data satelit untuk ketahanan pangan nasional dan monitoring lingkungan.

“Satelit LAPAN-A3/IPB akan mengelilingi bumi 14 kali sehari, dengan sudut inklinasi 98o°. Sebagian besar dapat memantau seluruh permukaan bumi yang dilewatinya, namun satelit ini lebih memfokuskan untuk wilayah Indonesia saja. Dan hanya salah satu satelit yang digunakan untuk pemantauan kondisi pangan di Indonesia, yaitu pemantauan lahan (khususnya pertanian) dan lingkungan. “ tutur Prof. Lilik B Prasetyo, Koordinator tim LAPAN IPB Satelit.

Nazmi Tamara

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*