Event Update

Satelit LAPAN A3 IPB Siap Diluncurkan

Satelit Lapan A3-IPB siap meluncur ke angkasa pada Rabu (22/06) di Sriharikota, India. source : www. pusteksat.lapan.go.id/

Satelit Lapan A3-IPB siap meluncur ke angkasa pada Rabu (22/06) di Sriharikota, India.
source : www. pusteksat.lapan.go.id/

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) akan meluncurkan satelit generasi ketiga bernama Satelit LAPAN A3-IPB pada (22/06) di Sriharikota, India. Satelit ini merupakan hasil kerjasama LAPAN dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diluncurkan dengan misi pemotretan daerah pertanian, pendeteksi kapal laut, pengukuran medan magnet bumi, serta uji komponen satelit hasil rekayasa LAPAN (reaction wheel dan star sensor).

Satelit ini siap diluncurkan menuju orbit pada ketinggian 500 km dengan orbit sunsynchronous (melintasi suatu titik pada waktu yang sama setiap harinya), untuk memotret permukaan bumi serta merekam data kapal laut, data ilmiah medan magnet bumi, dan data kinerja alat. Kemudian data citra dan data-data pengamatan lainnya akan dikirimkan ke stasiun penerima di LAPAN Biak dan LAPAN Rumpin.

Thomas Djamaluddin selaku Kepala LAPAN, mengatakan Satelit Lapan-A3/IPB akan mempunyai orbit polar dengan ketinggian orbit 500 meter. Satelit akan mengelilingi bumi 14 kali dalam sehari, namun hanya melintasi Indonesia empat kali, yakni dua kali di siang hari dan dua kali di malam hari.

“Satelit LAPAN-A3/IPB akan mengelilingi bumi 14 kali sehari, dengan sudut inklinasi 98o. Sebagian besar dapat memantau seluruh permukaan bumi yang dilewatinya, namun satelit ini lebih memfokuskan untuk wilayah Indonesia saja. Dan hanya salah satu satelit yang digunakan untuk pemantauan kondisi pangan di Indonesia, yaitu pemantauan lahan (khususnya pertanian) dan lingkungan. “ tutur Prof. Lilik B Prasetyo, Koordinator tim LAPAN IPB Satelit.

“Data citra satelit ini kemudian akan diolah datanya oleh IPB untuk memantau pertumbuhan padi  dan prakiraan waktu panen dan produksinya. Data tersebut akan menjadi masukan dalam penghitungan produktivitas padi nasional ” imbuhnya

Nisa Hasaningtyas

Editor : Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*