Sejak 2019 Serba Digital, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru IPB University

Jumat (5/2), telah dilaksanakan Seminar Online Sistem Informasi Terintegrasi Information and Communication Technologies IPB Season 2 Episode 4, atau SOSIS ICT IPB Season 2 Episode 4 melalui live Zoom dan Youtube mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru IPB University. Live tersebut dipandu oleh seorang host bernama Dean Apriana Ramadhan dan menghadirkan tiga pembicara yakni Dr. Ir. Nuhayati, M.Sc. selaku Direktur DAPPMB-IPB, Dr. Utami Dyah Syafitri, S.Si., M.Si. selaku Asisten Direktur DAPPMB-IPB, dan Cynthia Dewi Septiani Yr, S.Komp. selaku bagian dari DAPPMB-IPB.

Dalam sosialisasi tersebut, disebutkan bahwa sejak tahun 2019 Penerimaan Mahasiswa Baru IPB University telah dilakukan secara digital atau paperless. Dengan begitu semua proses mulai dari pendaftaran, seleksi, sampai penerimaan dilakukan secara online. Tahun ini IPB University, Kampus Terbaik Nomor 1 versi Kemendikbud Tahun 2020 siap menerima 4.250 lebih mahasiswa baru. Terdapat empat strata yang ada di IPB University, yaitu Diploma, Sarjana, Pendidikan Profesi, dan Pascasarjana.

“Semua serba kirim by email. Pakai email pribadi. Jangan pakai email orang tua, email guru, atau email guru BK,” tegas Utami.

Program Diploma, seleksi masuk Sekolah Vokasi ini memiliki 3 jalur. Jalur pertama yakni Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) yang mana pendaftarannya dilakukan melalui sekolah masing-masing calon mahasiswa baru. USMI ini hanya berlaku bagi lulusan tahun berjalan dan seleksinya didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa tanpa tes tertulis. Jalur kedua yakni Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK), pendaftaran dilakukan secara individu dan berlaku bagi lulusan tiga tahun terakhir. Seleksi ini didasarkan pada hasil tes tulis dan prestasi akademik calon mahasiswa. Kemudian, jalur terakhir yaitu jalur Kerja Sama, pendaftarannya melalui instansi atau pemerintah daerah yang telah bekerjasama dengan IPB University.

Program Sarjana, seleksi masuk program ini dibagi menjadi dua, yaitu program Nasional dan program Mandiri. Pada program Nasional ini terdapat tiga jalur, yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Afirmasi Dikti (Afirmasi Pendidikan Tinggi). Jalur SNMPTN dan SBMPTN berada di bawah koordinasi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), sedangkan Afirmasi Dikti dilakukan oleh Belmawa (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). Pada program Mandiri, IPB University membuka lima jalur, yaitu Ketua OSIS, Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), UTMBK, dan Kelas Internasional. Seleksi masuk program Sarjana ini berlaku bagi lulusan SMA/MA/SMK IPA dan IPS dapat melalui UTBK-SBMPTN dengan pilihan Saintek. Persentase penerimaan mahasiswa baru program Sarjana Tahun 2021 yakni 40% SNMPTN, 35% UTBK-SBMPTN, dan 25% Mandiri.

Program Profesi, terdiri dari Program Profesi Dokter Hewan, Program Profesi Dietizen, dan Program Profesi Insinyur. Ketiga program ini merupakan lanjutan setelah lulus Sarjana di IPB University.

Program Pascasarjana, seleksi program ini terbagi atas tiga jalur, yaitu jalur Reguler, jalur Khusus dan Profesional yang keduanya dilakukan sesuai peraturan akademik di IPB University, dan jalur By Research.

Tata kelola penerimaan mahasiswa baru untuk semua strata dan semua jalur diawali dengan Pendaftaran, Seleksi, Pengumuman, Registrasi Online, dan Verifikasi Berkas. Lagi-lagi semua proses tersebut dilakukan secara online dari rumah. Setelah verifikasi berkas selesai dan diterima sebagai mahasiswa IPB University, masuklah ke Sistem Informasi Akademik IPB atau SIMAK IPB.

Kelebihan dari sistem penerimaan mahasiswa baru IPB University ini bagi pendaftar yang sudah pernah mendaftar pada tahun sebelumnya tetapi belum diterima, pendaftar tersebut hanya perlu log in saja tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Kelebihan lainnya lagi, yaitu calon mahasiswa baru dapat mendaftar lebih dari satu jalur dengan akun yang sama atau single indentity untuk multijalur.

Informasi selengkapnya dapat diakses pada laman admisi.ipb.ac.id. Berikut tahapan pendaftaran bagi mahasiswa baru IPB University.
1. Buka laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
Jika sudah memiliki akun, silakan log in. Jika belum, silakan buat terlebih dahulu.
2. Isi form pendaftaran secara benar, lalu simpan.
3. Lakukan verifikasi akun melalui link yang dikirimkan ke email masing-masing pendaftar.
4. Log in dengan email yang terdaftar tadi pada laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
5. Masukkan riwayat pendidikan terakhir.
6. Pilih jalur masuk yang tersedia.
7. Ambil nomor pendaftaran dan lakukan pembayaran administrasi.
8. Log in kembali dengan email yang terdaftar tadi pada laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.
9. Pilih jalur masuk yang diikuti.
10. Log in formulir pendaftaran dengan memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir yang terdaftar.
11. Isi biodata dengan benar, lalu simpan.
12. Unduh kartu peserta.

Editor: Ikfanny Alfi Muhibbah Shalihah

Avatar

Friska Sukmaningsih

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.