Berbeda dari tahun biasanya, Matrikulasi 2015 hadirkan enam jenis kelas.

Common Class Room (CCR) adalah gedung perkuliahan yang biasa digunakan oleh mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB. (Foto: Avina F)
Common Class Room (CCR) adalah gedung perkuliahan yang biasa digunakan oleh mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB. (Foto: Avina F)

Kelas T dan U menjadi dua jenis kelas baru yang ditambahkan pada matrikulasi tahun 2015. Mahasiswa dari departemen AGH, ARL, MSL, dan PTN, serta fakultas Kedokteran Hewan mengisi kelas T. Sedangkan, kelas U merupakan gabungan dari dua departemen, Biokimia dan Kimia. Sistem kelas ini direncanakan berlanjut hingga masa tahapan persiapan bersama (TPB) angkatan 52. “Hal yang paling diperhatikan dari penambahan kelas ini adalah efisiensi ruangan CCR yang meliputi optimalisasi kesediaan fasilitas dalam ruang kelas serta keterbatasan waktu dosen dalam pembelajaran dengan mahasiswa”, ungkap Donny Citra Lesmana, Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Pembaharuan tersebut diharapkan dapat menyeimbangkan mata kuliah sehingga tingkat kegagalan dapat diminimalisir.

Beberapa mata kuliah matrikulasi di antaranya adalah Landasan Matematika, Kimia Umum dan Fisika. Periode UTS matrikulasi 2015 akan dilaksanakan sejak tanggal 29 Juni 2015 hingga 11 Juli 2015, sedangkan 27 Juli-15 Agustus 2015 menjadi periode UAS. Walau sedikit berbeda pada sistemnya, kegiatan matrikulasi periode UTS tahun tetap disambut datangnya bulan Ramadhan. 

Matrikulasi merupakan kuliah pendek yang khusus diperuntukkan pada mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor dari jalur SNMPTN program sarjana dan diploma. Kuliah matrikulasi hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan sebelum mahasiswa baru dari jalur SBMPTN, UTM, BUD, PIN, dan Afirmasi masuk untuk memulai kuliah reguler. Tujuan matrikulasi adalah menyetarakan kompetensi mahasiswa baru dengan ilmu-ilmu dasar. 

Gitta A dan Ratna PH

Avina F

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.