Event Update

Burahol, Buah Kerajaan Langka

Tanaman Burahol (Stelechocarpus burahol) terlihat berdiri kokoh di
arboretum Fahutan depan GMSK, IPB, Dramaga.

 Pada jaman dahulu, tanaman ini hanya dimanfaatkan oleh keluarga kerajaan saja. Oleh sebab itu,tanaman ini sering juga disebut buah kerajaan. Akan tetapi, saat ini sudah banyak masyarakat yang mengambil manfaat dari tanaman langka
ini.

Tanaman burahol memiliki banyak kegunaan karena hampir semua bagian tanaman ini dapat diambil manfaatnya. Bagian daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat, memperlancar air seni dan susah buang air besar, serta mengobati panas dalam dan sariawan. Buah burahol dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan, bahkan untuk mencegah inflamasi ginjal. Batang tanaman burahol dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Sejak awal, tanaman ini sudah dikenal sebagai salah satu tanaman langka karena hanya dapat ditemukan di beberapa kawasan saja, seperti di kawasan Keraton Yogyakarta. Pun dengan budidaya tanaman ini yang masih jarang dilakukan. Kegiatan budidaya tanaman ini biasanya dilakukan secara generatif melalui biji. Intensitas berbuah tanaman burahol akan sering jika tanah dalam kondisi kelembapan yang tinggi.

Nurmala Fitri S (Magang Korpus)

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*