Closing Agrisymphony dan Gebyar Nusantara: Malam Puncak Papi Omda dengan Kemeriahan Pasar Malam

28 Р29 Oktober 2023, IPB University dimeriahkan oleh hadirnya pasar malam yang merupakan bagian dari acara Agrisymphony 2023. Acara ini dilaksanakan serentak dengan berlangsungnya PAPI Day Gebyar Nusantara yang termasuk dalam rangkaian acara Dies Natalies IPB 60. Tidak hanya untuk mahasiswa IPB, masyarakat umum juga dapat menghadiri acara yang diselenggarakan mulai dari pelataran koin, lapangan AHN, hingga telaga inspirasi. 

  • Agrisymphony

Agrisymphony tahun ini tampak berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya sebuah panggung didirikan tepat di lapangan AHN yang berhadapan langsung dengan Gedung Rektorat Andi Hakim Nasution. Selain main stage yang berada di lapangan AHN, didirikan pula second stage yang berada di pelataran koin. Berbagai hiburan ditampilkan di second stage seperti penampilan solo, band, dance performance, persembahan dari komunitas Salira Seni Bogor, permainan tebak lagu, dan masih banyak lagi acara hiburan lainnya.

Sementara itu main stage yang berada di lapangan AHN menjadi tempat dilaksanakannya grand final Putra Putri Omda. Pada sesi siang terdapat expo yang dimeriahkan oleh beberapa stand di areal pelataran koin. Expo tersebut diisi oleh stand kebudayaan dari 21 Omda, 24 stand Ormawa fakultas IPB, 10 stand UKM non-SK, 10 stand bisnis mahasiswa, serta beberapa stand event collaborator. Disediakan pula stand photobooth yang tentunya menarik perhatian pengunjung untuk mengabadikan momen bersama teman dan sahabat.

Di Lapangan Telaga Inspirasi terdapat IPB Culinary Festival yang turut hadir untuk memeriahkan Agrisymphony dengan menyajikan beragam kuliner. Seolah menghadirkan pasar malam, Lapangan Telaga Inspirasi diisi dengan beragam wahana permainan seperti kora kora, bianglala, kereta-kereta, mobil gantung, trampolin, dan istana balon. Hadirnya penyanyi Fabio Asher juga turut memeriahkan acara Agrisymphony 2023 yang dilaksanakan secara terbuka untuk mahasiswa IPB dan masyarakat umum.

  • Gebyar Nusantara

PAPI Day (Putra-Putri Omda Day) merupakan rangkaian khusus Gebyar Nusantara 2023 yang telah dinantikan secara antusias oleh para penonton karena menampilkan grand final Putra Putri Omda di IPB University. Rangkaian ini diawali dengan penampilan budaya pacu jalur yang dibawakan oleh IKPMR dan dilanjutkan dengan pengumuman top 10 Putra Putri Omda.

Selanjutnya, ditampilkan penampilan festival budaya oleh Himaja dan diteruskan dengan sesi berkain Papi Omda serta penampilan festival budaya Ikami. Puncak acara Gebyar Nusantara 2023 ditandai dengan pengumuman top 5 Papi Omda yang berhasil membuat para penonton semakin antusias. Beberapa Omda yang terpilih menjadi top 5 Papi Omda, yaitu Sumatera Selatan, Jawa Barat 2, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan festival budaya IPMM, parade evening gown, QnA bersama top 5 Papi Omda, serta penampilan band Logical Fallacy. Suasana lapangan AHN semakin dimeriahkan oleh para supporter yang mendukung juaranya masing-masing dalam pengumuman top 3 Papi Omda. Sumatera Barat, Jawa Timur, Jawa Barat 2 berhasil menempati posisi sebagai top 3 Papi Omda. Setelah pengumuman, diadakan sesi QnA bersama top 3 Papi Omda. PAPI Day Gebyar Nusantara 2023 ditutup secara meriah dengan penampilan guest star The Finest.

Day-4 rangkaian acara Agrisymphony 2023 dan Gebyar Nusantara 2023 sesi sore pada hari minggu 30 Oktober lalu menyuguhkan penampilan sederet bintang tamu, yaitu Dinda Maritza  yang menampilkan tarian tradisional, The Duta Alegro Band, Blueband, Surya Ananda, dan Bromine.

Setelah sesi sore berakhir, dilanjutkan sesi malam yang diawali dengan laporan dari Project Leader Agisymphony 2023 I Gusti Aliyah Divana, Ketua Pelaksana Gebyar Nusantara 2023 Muhamad Zadathul Rizki, dan sambutan oleh Presiden Mahasiswa IPB University Imaduddin Abdurrahman. Acara dilanjutkan dengan penutupan secara simbolik rangkaian acara Agrisymphony dan Gebyar Nusantara 2023 yang dilaksanakan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Selanjutnya terdapat parade dan penampilan solo vokal serta kemudian akan dilanjutkan dengan Awarding Gebyar Nusantara 2023. Beberapa awarad-nya antara lain:

  1. Penampilan Fashion Show Icon Costume : Omda Jateng Gayeng, Omda Bali, Kemala, Imajatim, IPMM, dan Himaga.
  2. Karnaval Budaya : Kemala (Juara 3), Imajatim (Juara 2), Omda Bali (Juara 1)
  3. Icon Costume : Omda Bali (Best National Costume), Imajatim (Favorit)
  4. Festival Budaya : Himaja (Juara 3), IKPMR (Juara 2), Ikami (Juara 1)
  5. Stand Kebudayaan : IKPMR (Juara 3), Ikami (Juara 2), Bali (Juara 1)
  6. Kuliner Nusantara : IKPMR (Juara 3), IPMM (Juara 2), Himaga (Juara 1)
  7. Award Papi Best Dresser : Bali (Putra), Bali (Putri)
  8. Award Papi Persahabatan : Sumatera Utara 2 (Putri), Sulawesi Selatan (Putra)
  9. Award Papi Intelegensi : Jawa Barat 2 (Putra dan Putri)
  10. Award Papi Fotogenik : Jawa Timur (Putra), Jawa Timur (Putri)
  11. Award Papi Favorit : Jawa Barat 2 (Putra dan Putri)
  12. Second Runner Up : Jawa Timur
  13. First Runner Up : Sumatera Barat
  14. Juara 1 : Jawa Barat 2
  15. Omda Terbaik : Omda Bali

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Band Teenage Novel dan penampilan khusus dari bintang tamu utama, yaitu penyanyi sekaligus penulis lagu Fabio Asher. Acara ditutup secara meriah dengan penampilan flashmob. Berakhirnya Day-4 ini menandakan telah usainya rangkaian acara Agrisymphony dan Gebyar Nusantara 2023. 

 

***

Reporter : Diana Rahmawati Pinandita, Audy Nabawi, Lintang Rusliningtyas, Chairani Mezia Firmanti, Nazari Fryda

Fotografer : Heksa Rahmania Tyasadira, Khansa Nabilah, Daffa Fakhi

Editor : Rani Zuwinta

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.