Event Update

Comday on Stage, gak Cuma Teori

Illustrasi. Dokumen Korpus

Communication Day atau disingkat Comday kembali dilaksanakan di akhir semester ini (22/12) di Auditorium CCR, Kampus IPB Dramaga. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 s.d 17.00 diikuti oleh 30 kelompok dengan berbagai macam produk.

Comday merupakan tugas akhir mata kuliah Komunikasi Bisnis dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diwajibkan mempresentasikan sebuah produk di atas panggung. Presentasinya dilakukan sesuai kreatifitas kelompok. Ada berbagai macam cara yang ditampilkan peserta, seperti drama musikal, parodi puisi, tari tradisional, dan sebagainya.

Misalnya kelompok Pitagoras dengan produknya Pia Talas Bogor menggunakan konsep parodi puisi untuk memresentasikan produknya.
“Kita mempresentasikan produk dengan puisi lalu dilanjutkan dengan menyanyi agar menarik perhatian penonton,” terang Fingki Ardiansyah (KPM 46), salah satu anggota Pitagoras.
“Konsepnya, mahasiswa mampu menerapkan konsep dan teori selama satu semester. Apa yang sudah mereka pelajari di Kombis (red: Komunikasi Bisnis) bisa langsung dipraktekan. Mereka belajar memresentasikan sebuah produk, terutama produk-produk pertanian,” papar Dr. Ir. Ninuk Purnaningsih, MSi, salah satu Dosen juri pada Comday kali ini. Selain Dosen, seluruh asisten MK Kombis juga menjadi juri.
Comday mengangkat tema yang berbeda-beda untuk setiap periodenya. Acara dan produk memiliki tema masing-masing. Local Resources and Green Marketing adalah tema produk untuk periode ini, sedangkan untuk tema acaranya adalah an amazing Indonesia. Menurut Mugi Lestari (47), ketua pelaksana Comday, tema tersebut berkaitan dengan diversifikasi pangan Indonesia yang sedang berkembang. Diversifikasi pangan yang kebanyakan adalah produk lokal asli daerah Indonesia perlu dikenalkan. Mugi menambahkan, pembuatan booklet, poster, dan lain-lain lebih berbau green
An amazing Indonesia ingin menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan produk lokal yang potensial,” tegas Mugi.

Salah satu peserta Comday, Srividola Wulandari (Ilkom 46) dengan produk Oshibana mengungkapkan bahwa dengan adanya Comday ini dia bisa berlatih memasarkan produk-produk. Srividola menambahkan, “pesertanya kreatif-kreatif, panitianya sudah cukup bagus, meski mulainya agak telat.”
Acara tersebut ditutup dengan pengumuman nominasi dan pemenang tiap kategori. Ada tujuh kategori yang dilombakan. Berikut adalah daftar pemenang tiap kategori.
1. Kelompok Terbaik: Srikaya,
2. Iklan Terbaik: Lapis Bogor, 
3. Presentasi Terbaik: Javapuccino, 
4. Poster Terbaik: Mbah Jingkrak, 
5. Booklet Terbaik: Lemper Buah, 
6. Presentator Terbaik: Nasi Timbel Lido, dan 
7. Most Valuable Partisipant (MVP): Aldi sebagai tarzan (Sop buah Pak Ewok).

Oleh: Efi Riana (STK 47)

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*