Event Update

EPBM Online : Masih Ada Saja yang Error

Evaluasi pengajaran via online yang sedang diterapkan di IPB mulai tahun ini menimbulkan beragam opini. Banyak pihak yang memberi suara positif terkait hal tersebut baik dari segi sistemnya maupun teknisnya. Seperti yang dituturkan Hendri Firmansyah, mahasiswa Departemen Kimia angkatan 46 yang menyebutkan bahwa EPBM online dapat mengefisienkan biaya dan keleluasaan waktu pada mahasiswa untuk mengisi sehingga isinya akan lebih berbobot dibandingkan jika mengisi ketika jam perkuliahan hampir usai. 
Tidak semua mahasiswa memberikan tanggapan positif terkait EPBM online. Nada sumbang pun terdengar terkait teknis pengisian yang tidak serta merta lancar. “Menurut saya EPBM online itu bagus, hanya saja sistemnya yang masih kurang bagus. Saya masih ada satu mata kuliah yang error, teman saya juga seperti itu. Ada saja yang aneh,” ujar Putri Fika Hidayansyah, mahasiswi Manajemen 47.

Selain dari mahasiswa, opini mengenai EPBM online pun datang dari kalangan dosen. “EPBM online itu sudah sangat baik, pertama karena hal itu juga menjadi syarat mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS atau tidak nantinya. Kedua, kalau di online mahasiswa pasti akan mengisi semua, tentunya tidak dengan tergesa-gesa dan lebih objektif serta tidak segan untuk mengutarakan kritik dan sarannya. Dan hal ini juga dapat menghemat pemakaian serta volume sampah kertas. Maka dari itu ini lebih efektif dan sangat membantu pengajar dalam melakukan pengajaran ke depannya.” Tegas Ibu Tien Herawati, SP., M.Si. Dosen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB.

Nurjanah Purnama

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*