Event Update

EPBM, Sarana IPB Kembangkan Mutu

Masa pengisian Evaluasi Proses Belajar Mengajar (EPBM) semester ganjil telah berlangsung sejak Senin (28/12) lalu. EPBM sendiri bukan hal yang baru bagi mahasiswa IPB. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, seluruh mahasiswa IPB wajib mengisi EPBM di setiap akhir semester. Tak tanggung-tanggung, Kantor Manajemen Mutu (KMM), Direktorat Administrasi Pendidikan (Dit. AP), dan Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) IPB akan memberikan sanksi bagi mahasiwa yang tidak mengisi EPBM, yakni mahasiswa tidak dapat mengisi KRS pada semester selanjutnya.

EPBM1

Pentingnya evaluasi proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi Negeri menjadi alasan utama munculnya kebijakan kampus yang mewajibkan mahasiswa untuk mengisi EPBM. Seperti dilansir oleh salah satu staff DIDSI, Imanto, EPBM dirasa penting karena berkaitan erat dengan penilaian dan peningkatan mutu di IPB. “EPBM sangat terkait dengan Kantor Manajemen Mutu. Jadi nanti kalau ingin tau mutu setahunnya IPB itu bagaimana, itu diambil dari setiap mahasiswa yang ngisi EPBM itu,” jelas Imanto. Data dari hasil EPBM nantinya akan diambil dan diolah oleh KMM untuk mengukur mutu IPB selama satu tahun.

Selain berfungsi sebagai sumber utama dalam mengukur mutu IPB tiap tahunnya, EPBM juga berfungsi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu IPB. Dalam pengisian EPBM mahasiswa diberikan hak untuk secara langsung mengevaluasi kinerja dosen dan jalannya perkuliahan dan praktikum selama satu semester terakhir. Hasil dari evaluasi itulah yang menjadikan EPBM sebagai salah satu upaya dalam peningkatan mutu IPB.

 

Rully Novianti

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*