Event Update

Insiden Ledakan di Laboratorium Kimia Organik IPB

Tampak beberapa bekas pecahan alat-alat praktikum masih berada
di lantai beberapa saat setelah kejadian (Foto : Septiansyah)

                Berita mengejutkan datang dari Laboratorium Kimia Organik, Departemen Kimia IPB sore tadi, Senin (7/5). Sebuah ledakan yang bersumber dari labu didih terjadi di Laboratorium yang terletak di Fakultas Peternakan Lantai 4 tersebut. Ledakan itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB ketika mahasiswa Departemen Kimia angkatan 47 tengah melangsungkan praktikum sintesis klorofoam.

                “Ledakan itu terjadi begitu saja pada percobaan ketiga. Padahal dua percobaan sebelumnya berhasil dan tidak terjadi apa-apa,” ujar Muhammad Fajar salah seorang praktikan yang ikut dalam praktikum tersebut. Fajar, begitu biasa ia dipanggil masih tampak shock dengan apa yang baru saja terjadi.
                Sementara itu di tempat terpisah, Muhammad Farid, salah seorang asisten praktikum ketika dimintai keterangan tak mampu berkomentar banyak. “Saya belum bisa banyak bicara karena kita masih perlu menanyakan langsung kepada mahasiswa yang terlibat perihal kenapa hal ini bisa terjadi,” ujarnya. Sejauh yang ia tahu praktikum sintesis klorofoam ini dilakukan menggunakan zat kimia aseton dan kaporit.
                Tidak banyak keterangan yang didapatkan sampai berita ini diturunkan. Dari insiden beberapa praktikan dikabarkan luka-luka. Seluruh korban tersebut kini telah dibawa ke rumah sakit Karya Bhakti Bogor.
David Pratama

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*