IPB Peduli Kucing: Aksi Memberi Makan Kucing di Tengah Social Distancing

Terjadinya pandemi Covid-19 tidak menyurutkan masyarakat untuk terus berbagi, bahkan kepada hewan sekalipun. Kegiatan kampus IPB yang saat ini dialihkan ke work from home (WFH) sangat berdampak bagi civitas maupun hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Salah satunya ialah kucing, biasanya kucing yang tersebar di kampus IPB mendapatkan makan dari sisa makanan kantin. Sejak IPB menerapkan kebijakan partially closed down, kantin di kampus juga tutup. Selain itu, tempat penampungan sampah pun sudah lama kosong, sehingga kucing-kucing ini tidak bisa lagi mencari makanan di tempat-tempat tersebut.

Inilah yang membawa Iyep Komala, S.Pt, M.Si., dosen Fakultas Peternakan IPB berinisiatif untuk berbagi lewat aksi memberi makan kucing. Dosen yang sekaligus pecinta kucing ini memang sejak lama terbiasa memberi makan kucing di kampus. “Awalnya saya memiliki 2 ekor kucing Ras, tetapi ketika melihat beberapa kucing di dalam kampus yang lapar, saya membawanya sebagian kecil kucing-kucing tersebut kerumah. Sempat ada 23 ekor kucing kampung di rumah dan 2 kucing ras. Sekarang kucing kampungnya tersisa 18 ekor” jelasnya.

Karena kondisi seperti inilah ia berkeliling ke seluruh fakultas dan unit kampus IPB untuk memberi makan kucing-kucing tersebut. Beliau menjelaskan, dalam 1 kali memberi makan kucing ia memerlukan waktu hingga 3,5 jam. Hal ini juga membuatnya berinisiatif membuka donasi untuk pakan kucing. “Alhamdulillah banyak yang memberikan donasi dalam bentuk pakan kucing maupun uang, baik dari pribadi maupun perusahaan” tuturnya. Kegiatan memberi makan kucing ini dilakukan setiap hari oleh beberapa relawan dari mahasiswa IPB, terutama yang tinggal di dalam kampus, untuk bersama-sama membantu memberikan makan kucing secara bergantian.

Bekerja sama dengan 15 mahasiswa dan semua security di setiap fakultas dan unit, terbentuklah komunitas IPB Peduli Kucing . Terhitung hingga saat ini terdapat sekitar 110 ekor kucing yang telah diberikan makan setiap harinya. Tidak hanya itu, pakan kucing juga dititipkan kepada security di setiap fakultas. “Harapan kedepannya, semakin banyak civitas IPB dan masyarakat semakin peduli terhadap kucing-kucing liar. Civitas dapat berdonasi langsung dengan mengisi toples-toples yang sudah disediakan, dan setiap orang dapat membantu memberikan makan kucing tersebut secara sukarela” tutup Iyep Komala.

Sumber foto: Iyep Komala
Editor: Putri Arum Puspitasari

Avatar

Nenis Rahma Wulandari

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.