Event Update

Kembali, Banjir Melanda Perwira


Banjir menerjang salah satu rumah korban (Foto: Elfrida Oktaviani / PTN 48)

Sabtu (05/04) telah terjadi banjir di kawasan Perwira bagian bawah dan kawasan gang Baso Favorit. Ketinggian banjir sekitar 150 cm hingga mencapai 3 m di beberapa tempat.

“Air meluap jam setengah 8 malam, setiap 5 menit arus air terus meninggi sampai hampir ke atas pintu,” ujar Hafni, salah satu korban.

Pakaian, buku-buku, dan harta benda hanyut terbawa arus banjir. Rata-rata korban hanya bisa menyelamatkan barang-barang yang sangat berharga karena air terlalu cepat datang.

Hampir sekitar satu jam setengah banjir baru surut. Lumpur di jalan tempat-tempat kos yang terletak di dekat sungai mencapai sekitar 7-10 cm. Air bersih pun sulit didapat, sehingga para korban dan relawan kesulitan membersihkan lumpur yang mengenai tempat kos.

Menurut ketua RT setempat, penyebab banjir adalah adanya pembangunan di pinggir sungai. Selain itu, menurut sumber yang lain, letak Perwira yang dekat sungai dan lebih bawah daripada sungai juga mendukung terjadinya banjir semalam.

“Sepertinya tidak separah tahun lalu, tapi lokasi yang terkena banjir memang sudah langganan terkena banjir setiap tahunnya,” komentar Ida, salah satu pemilik tempat kos di daerah tersebut.

Rona Fauzan Noer
Fara Ruby

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*