Event Update

PT Laris Manis Utama dan IPB Sepakati Kerjasama Pengembangan Buah Lokal

PT Laris Manis Utama (LMU) menandatangani kontrak dengan Institut Pertanian Bogor untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan buah nusantara. Hal ini diwujudkan distributor buah terbesar di Indonesia tersebut dalam rangka meningkatkan mutu buah lokal agar mampu bersaing di pasar internasional. 
“Ini merupakan kerja sama pertama kali antara PT LMU dan IPB dalam upaya mengembangkan buah nusantara baik dalam produksi maupun pemasarannya,” kata Presiden Utama PT LMU Eddy Simon Sim dalam acara penandatanganan kerja sama dengan IPB di gedung rektorat kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/5).
Eddy menjelaskan, kerja sama tersebut diharapkan dapat mengurai benang kusut persoalan buah lokal atau buah nasional yang terus tergerus dengan buah impor. “Dengan dibantu oleh IPB yang memiliki para ahli serta riset dalam penanganan buah lokal ini dapat mendorong peningkatan produksi buah nasional kita,” katanya.
Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto menjelaskan bahwa ketergantungan terhadap impor ini sudah sangat meningkat, karena pola konsumsi yang sudah bergeser, sementara kemampuan produksi di dalam negeri masih terbatas. 
“Kami melihat PT LMU berbasis ekspor dan impor khusus buah, dengan kerja sama ini sumber daya yang dimiliki IPB dapat menjamin mutu, kualitas serta produksi buah lokal yang ada dapat ditingkatkan,” katanya.
Rektor menambahkan, kerja sama tersebut diharapkan tidak hanya sebatas penandatanganan saja, tapi ada langkah-langkah konkret dalam meningkatkan penerapan teknologi serta pengembangan inovasi produksi buah lokal.
Muhammad Fahmi Alby

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*