Event Update

SBY Berikan Orasi Ilmiah di Dies Natalis IPB

IPB menggelar acara Sidang Terbuka dalam rangka Dies Natalis IPB ke 50. Sidang yang diisi dengan orasi ilmiah oleh Presiden Republik Indonesia, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Desember 2013 di gedung Grha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor.
Sidang ini dihadiri oleh ibu negara, Menteri Pendidikan, gubernur Jawa Barat,  jajaran menteri dari kabinet Indonesia Bersatu, rektor IPB dan rektor dari beberapa universitas sahabat IPB, guru besar IPB, dan undangan khusus penerima penghargaan beserta perwakilan dari mahasiswa TPB IPB.
Dalam orasi ilmiahnya, SBY menyelipkan sedikit cerita bagaimana pengalamannya saat melakukan sidang disertasi untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di IPB.
“Teman saya mengatakan, di kampus lain sidang disertasi adalah deklarasi bahwa seseorang akan segera menjadi doktor. Tapi di IPB ujian adalah ujian, bisa lulus bisa juga tidak”. Pernyataan ini langsung disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh tamu undangan yang datang. Satu cerita unik yang beliau ceritakan di sela-sela orasinya adalah SBY bahwa saat ini beliau merasa lebih lega menyampaikan orasi di depan tamu undangan yang datang, tidak seperti saat beliau melakukan sidang disertasinya beberapa tahun lalu.
“Saat saya selesai disidang, saya mendengar dari dosen saya bahwa salah satu penguji yang berasal dari luar negeri menanyakan kepada dosen saya apakah benar yang barusan melaksanakan sidang itu adalah calon presiden Indonesia, setelah dosen saya membenarkan pertanyaan beliau tadi, beliau berkata sayang sekali kalau saya hanya menjadi presiden. Seharusnya saya menjadi profesor di IPB. Hal itu sungguh membuat saya kaget tetapi bangga juga.” Cerita SBY yang mengundang gelak tawa dari tamu undangan dan mahasiswa.
Dengan bangga orang nomor 1 di Indonesia ini berkali-kali menyampaikan bahwa IPB adalah institut tercinta yang tidak akan pernah dilupakannya. SBY merasa beruntung pernah menyelesaikan pendidikan pascasarjana di kampus Institut Pertanian Bogor.
Setelah orasi ilmiah selesai, sidang dilanjutkan dengan pembacaan doa dan penampilan hiburan dari Agriaswara yang menyanyikan lagu ciptaan SBY berjudul Hening. Sidang ditutup secara resmi dengan ketukan palu dari Rektor IPB pukul 16.30. SBY beserta Ibu Ani Yudhoyono meninggalkan gedung GWW diiringi tepuk tangan meriah oleh seluruh tamu undangan dan mahasiswa yang datang.


Nita Febriani (Magang Koran Kampus IPB)

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*