Event Update

Wujudkan Green Campus, Mobil Listrik Siap Beroperasi

Susunan mobil listrik hasil hibah Gubernur Jawa Barat di gedung rektorat IPB. (Foto: IchwanulAM)

Susunan mobil listrik hasil hibah Gubernur Jawa Barat di gedung rektorat IPB. (Foto: IchwanulAM)

Dalam rangka mewujudkan IPB Green Campus 2020, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) akan mengoperasikan Mobil Listrik yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 september mendatang.

Mobil listrik ini nantinya akan beroperasi sebagai fasilitas kampus bersama dengan bus dan sepeda yang disediakan di shelter.

“ jumlah mobil listrik yang ada saat ini hanya 43 namun tidak semua kami pakai, ada sekitar 7 atau 8 yang kami simpan untuk pimpinan, tamu bahkan mahasiswa yang ingin meminjam. “ tutur Dr.Cahyono Tri Wibono SE, MM selaku Kepala Biro Umum IPB.

Mobil listrik ini memiliki 4 shift untuk beroperasi dalam kampus, yakni pukul 06.00-09.30, 09.30-12.00, pukul 12.00-15.30 dan pukul 15.30-19.00.

Tahun 2014 lalu, IPB telah mengajukan usulan mengenai sarana transportasi mobil listrik kepada Gubernur Provinsi Jawa Barat, Dr. Ahmad Heryawan dalam kunjungannya menjalin kerjasama dan melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) IPB dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dr Cahyono Tri Wibono SE, MM memaparkan walaupun mobil listrik yang tersedia masih dalam jumlah yang sedikit, solusi yang dilakukan IPB yaitu akan menjalin kerjasama lebih lanjut dengan alumni, BRI, BNI, serta Mandiri untuk mendapatkan sumbangan mobil listrik lagi.

“ Menurut analisis PT Bogor Life Science and Technology (BLST) paling tidak harus ada 100 mobil listrik dengan frekuensi operasi pada jam normal “ lanjutnya

“ mobil listrik ini masih memiliki kendala, saat cek lapangan kekuatan aki yang seharusnya 8 jam hanya bertahan 4 jam. Selain itu saat di charge indikator lampu tidak naik “ ujar Pak Yudha selaku bagian Perawatan Peralatan Perabot, Mesin dan Kendaraan (P3MK) Biro Umum IPB.

 

Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*