Event Update

[Laut] Metode Akustik Permudah Pencarian Pesawat MH370

sumber: ilnl.gov

Semenjak menghilangnya pesawat Malaysia Airline MH370 dalam rute penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada (8/3) lalu di dasar laut, berbagai pihak mulai melakukan pencarian untuk mendeteksi sinyal dari kotak hitam pesawat tersebut. berbagai metode dilakukan untuk menemukan titik sinyal dari kotak hitam tersebut, salah satu metode kelautan yang digunakan adalah metode akustik.

“Metode akustik khususnya di bidang kelautan merupakan metode pendeteksian suatu objek bawah air yang menggunakan gelombang suara yang merambat pada media air laut. Metode ini sangat membantu peneliti untuk mengetahui objek yang berada di dasar laut, tidak hanya itu metode ini bahkan sudah digunakan untuk membantu menemukan pesawat yang hilang seperti MH370, “ kata Hasjrul Husnul Malik selaku mahasiswa Ilmu Teknologi Kelautan IPB yang merupakan anggota MIT (Marine Instrument & Telemetry).

Ia menjelaskan bahwa semua hal yang ada di dasar laut memiliki target strength (nilai hambur balik) yang beda-beda, target strength inilah yang nantinya diolah untuk mencari tahu apakah objek dibawah laut itu puing pesawat atau bukan. Sebenarnya tidak hanya itu adapula metode pencitraan dasar laut dengan menggunakan side scan sonar. Hasil dari side scan sonar berupa gambar/pola dasar laut sehingga dapat di analisis untuk mengetahui pola yang dihasilkan berupa bangkai kapal atau pesawat yang tenggelam di dasar laut.

Pendektesian objek dengan jarak yang cukup jauh dari permukaan laut seperti MH370 diperlukan intrumen akustik yang memiliki power yang cukup tinggi dan dengan frekunsi yang rendah. Selain itu dapat pula menggunakan AUV dengan dilengkapi oleh side scan sonar karena side scan sonar jika digunakan dipermukaan tidak dapat menembus dasar laut yang sangat dalam.

Menggunakan metode akustik ini tergolong lebih mudah untuk mendapatkan data secara real time dibandingkan dengan metode yang lain. Selain itu hingga saat ini metode akustik merupakan metode yang paling baik digunakan pada medium air dibanding menggunakan gelombang pendek. Maka dari itu banya pihak yang memilih metode akustik dalam pencarian kapal MH370

Bentuk dari metode akustik ini yaitu menggunakan gelombang suara yang dipancarkan oleh transmitter dan di terima kembali oleh receiver. Black box jika tenggelam memancarkan sinyal khusus dan sinyal tersebut hanya dapat diterima oleh receiver khusus dengan menggunakan metode akustik.

Shalsa Nurhasanah

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. mantaaap! ini baru berita min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*