Event Update

Pelantikan SCIENTIFIC DIVER

Minggu tenang dimanfaatkan oleh Bagian Hidrobiologi, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB, untuk melaksanakan pelantikan sertifikasi “One Star Scuba Diver”. Kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan setiap tahunnya, dan tahun ini merupakan tahun ke-4 dengan mayoritas angkatan 48 ITK sebagai peserta.

       Bogor – Simbolisasi Pelantikan “One Star Scuba Diver” dilaksanakan 24 Oktober 2013. “Kegiatan ini bukan merupakan sertifikasi selam biasa, melainkan untuk melatih skill mahasiswa sebagai Scientific Diver dengan standar internasional.” ujar Sekertaris Departemen ITK, Hawis Maduppa. Saat ini, Departemen ITK IPB sudah terdaftar sebagai Dive Center dari Scuba School International (SSI) yang dapat dilihat pada websitenya. SSI merupakan salah satu lembaga yang memenuhi syarat untuk sertifikasi ISO Global. Dengan kata lain, diakui oleh seluruh dunia dalam aktivitas selam.
      Sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian kegiatan sertifikasi selama beberapa bulan berupa latihan keterampilan kolam dan latihan perairan terbuka di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Acara yang berlangsung di Marine Center IPB ini, diisi dengan pemutaran video ekspedisi dan penelitian mahasiswa tentang Hidrobiologi, juga pemaparan mengenai Scientific Diving untuk menarik minat hadirin khususnya mahasiswa 49.

Peserta sertifikasi, instruktur, dan perwakilan dosen pada kegiatan
pelantikan ‘One Star Scuba Diver’. Foto: Beginer Subhan.

      Departemen ITK memiliki kurikulum yang mendukung mahasiswa pada minat Scientific Diving, salah satunya adalah matakuliah Selam Ilmiah. Menurut Beginer Subhan sebagai penanggung jawab matakuliah tersebut, menjadi penyelam itu merupakan hal yang biasa di kalangan ITK. Menjadi Scientific Diver tidak cukup hanya satu tahun, namun harus menekuninya. Sertifikasi ini tidak hanya untuk mahasiswa ITK saja, siapa pun bisa ikut.

Mahesa Glagah Agung (ITK)

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*