Event Update

Perlunya Menjaga Pola Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa dengan seabrek kegiatan terkadang membuat kita melupakan hal terpenting dalam hidup, yaitu kesehatan. Tugas yang datang bertubi-tubi membuat kita sering melupakan jadwal makan dan akhirnya sakitpun datang menghampiri. Bila sakit telah datang, semua kegiatan jadi terhenti. Lalu bagaimana cara mengatur pola hidup sehat sebagai mahasiswa? Berikut beberapa carayang mungkin cukup membantu pola hidup kita sebagai mahasiswa.

1. Atur pola makan. Menurut ahli gizi Dr. Lanny Dewi, SPGK, hal yang harus diperhatikan dalam pola makan adalah jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan, dan jadwal makan. Idealnya jumlah makanan yang dikonsumsi harus sama dengan energi yang dihasilkan tubuh. Makanan ini dapat berupa karbohidrat sebanyak 55-65%, protein 10-15%, dan lemak 23-35%. Jadwal makan yang baik adalah 5-6 kali sehari, sarapan, snack, makan siang, snack siang, makan malam, dan snack malam, namun perhatikan porsi seimbang dan jangan berlebihan serta hindari junkfood yang dapat berakibat fatal bagi tubuh seperti menyebabkan kolesterol dan kanker.

2. Atur pola istirahat. Istirahat yang cukup tidaklah ditentukan dengan jumlah waktu tidur yang banyak. Tidur rileks dengan waktu beberapa jam saja mampu menyegarkan kembali pikiran. Jangan bawa tugas ketempat tidur, karena itu akan menganggu kenyamanan tidur. Hindari tidur larut karena akan ada proses pembelahan sel darah merah oleh tubuh dengan kisaranp pukul 11 malam hingga pukul 2 pagi dan jangan tidur lagi setelah bangun pagi karena akan membuat badan menjadi lemas, lunglai, dan melahirkan rasa malas ketika bangun.

3. Lakukan olahraga teratur, minimal 3-4 kali seminggu selama 20-30 menit. Olahraganya tidak harus olahraga berat, lari-lari kecil (jogging) juga dapat dilakukan. Rustinitas olahraga dapat membuat
tubuh lebih bugar.

4. Manajemen stres. Tugas yang banyak, gangguan bathin, keuangan seret terkadang membuat diri sulit untuk dikendalikan. Stres-pun melanda. Cara untuk menanggulanginya cobalah beraktivitas di beberapa kegiatan selingan yang menyenangkan. Lakukan hal-hal yang dapat menyalurkan hobi. Berkumpulah dengan teman se-type, dengarkan dan ikutlah nimbrung bercerita seru dan lucu yang mampu membuat kita tertawa. Manajemen stres sangat diperlukan dalam menangani masalah-masalah kita dengan baik.

5. Jagalah kebersihan lingkungan. Belajar dalam kondisi bersih jauh lebih nyaman dibanding dalam kondisi kotor. Kebersihan tidak hanya menguntungkan kita, tapi juga menguntungkan orang-orang disekitar kita. Oleh karena itu buatlah kondisi kita senyaman mungkin dan tentunya tidak mengusik kenyamanan orang lain.

Itulah beberapa tips mengatur pola hidup kita sebagai mahasiswa. Semoga bermanfaat! 

Siti Kurnia – Magang #9

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*