PPKU, Mahasiswa Baru Wajib Tinggal di Asrama

Sumber : Imas Sitanggang

Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) merupakan tahapan perkuliahan tahun pertama bagi mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) sebelum memulai perkuliahan di departemen, mata kuliah yang diberikan di PPKU merupakan pelajaran yang diterima semasa SMA, sehingga masa PPKU sering juga disebut sebagai ‘SMA kelas 13’ oleh beberapa mahasiswa. Fungsi dari adanya PPKU sendiri yaitu sebagai pendidikan karakter, softskill, dan pendidikan umum.

Mahasiswa PPKU mempunyai gedung kuliah khusus yaitu Common Class Room (CCR) sebagai tempat perkuliahan biasa dan Teaching Lab sebagai ruang praktikum dan beberapa ruangan yang biasa digunakan untuk responsi.

Pembagian kelas di PPKU disesuaikan dengan segi keilmuan atau ranah keilmuan dari masing-masing departemen. Mahasiswa PPKU diwajibkan untuk tinggal di asrama selama satu tahun penuh. Mahasiswa diharapkan bisa saling belajar di asrama dan mendapat banyak pengalaman baru, seperti pengalaman berorganisasi

“Banyak yang bisa dipelajari di asrama, dengan tinggal di asrama mahasiswa diharapkan bisa mencapai sks yang tidak tertulis seperti future life skill dan pengalaman berorganisasi, jadi dinikmati saja,” ujar Dr. Zaenal Abidin, S.Si., M.Agr,  selaku Asisten Direktur Bidang Asrama Mahasiswa dan Kemahasiswaan PPKU.

Pelayanan mahasiswa baru IPB dapat dilakukan melalui Sistem Informasi Manajemen Asrama (SIMARA) yang aplikasinya dapat dipasang di smartphone mahasiswa. Aplikasi SIMARA dapat digunakan untuk mengirimkan pengaduan mengenai asrama atau CCR seperti masalah air, jaringan wifi, atau pengaduan lainnya.

Hal baru yang akan dihadirkan di PPKU untuk mahasiswa baru IPB angkatan 56 adalah pembubaran Organisasi Mahasiswa PPKU dan peningkatan kebersihan serta kesehatan. Para mahasiswa baru pun diharapkan lebih menikmati kehidupan di asrama agar memperoleh banyak pembelajaran dan pengalaman baru di asrama. “Coba saja menikmati kehidupan asrama, dapat pembelajaran apa di asrama. Jika mahasiswa tinggal di asrama sampai check out, berarti dia orang yang hebat,” tutup Zaenal.

 

 

Fitky Lutfyanti

Ed : Alif Hanif

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.