Event Update

5 Hari, Arya dan Arda Kantongi 21.000 Yen

 

Arda(kanan) dan Arya(kiri), dua karakter maskot MPKMB-IPB angkatan 53.

Arda(kanan) dan Arya(kiri), dua karakter maskot MPKMB-IPB angkatan 53.

Sejak dirilis pada 14 Agustus 2016, stiker resmi dari maskot MPKMB (Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru) IPB angakatan 53, Arya dan Arda sudah meraup omzet mencapai 21.000 yen atau setara Rp2.760.000,00. Arya dan Arda merupakan dua maskot kreasi panitia penyelenggara kegiatan MPKMB 53. Tujuan dibuatnya desain stiker pada aplikasi jejaring sosial LINE agar mempermudah proses penanaman nilai kepada peserta MPKMB 2016 Institut Pertanian Bogor.

“Tidak sekedar sebuah maskot, terdapat juga nilai-nilai yang ditanamkan dalam kedua maskot tersebut, seperti Religius, Partisipatif, Cinta Pertanian, Idealis, dan Prestatif.”, ujar Ketua Pelaksana MPKMB, Qudsyi Ainul Fawaid.

Melalui akun resminya, maskot pertama adalah Arya yang direpresentasikan sebagai seekor rusa jantan dengan sifat aktif, religius, partisipatif, serta cinta terhadap pertanian. Maskot kedua yaitu Arda, digambarkan sebagai sosok daun yang feminim, serta melambangkan visi dan misi IPB yang fokus pada sektor pertanian, maskot ini memiliki nilai idealis dan prestatif.

Kedua maskot tersebut merupakan hasil kreasi Tim Maskot panitia MPKMB 53. “Maskot ini sebenarnya sudah lama dikonsepkan dan dibuat, hanya saja baru akhir Juli kemarin kami mengajukan ke pihak LINE untuk menjadi stiker resmi.”, jelas Majid Firman Siregar, Kepala Divisi Desain, Dokumentasi, dan Dekorasi.

Proses pengajuan sempat mengalami 2 kali revisi. Hal ini tidak menjadi kendala berarti bagi panitia walaupun desain stiker berjumlah 40 karakter. “Proses pengajuan hingga rilis menjadi sticker LINE kurang lebih 14 hari, ini termasuk cukup cepat” ujarnya.

Selain upaya promosi dan penanaman nilai, stiker Arda dan Arya juga mendatangkan keuntungan sebesar 35% dengan pemotongan pajak 10% dari omzet yang didapatkan perusahaan LINE dalam penjualan sticker tersebut.

Stiker Line dengan judul Arda dan Arya tersebut dapat diunduh dengan membayarkan sejumlah 50 koin LINE atau melalui sistem pembayaran pulsa. Selain itu, pengguna LINE juga dapat membayarkan uang secara tunai kepada panitia MPKMB 53.

Rektor IPB mengapresiasi kreasi sticker LINE maskot MPKMB 53 (Foto: Koran Kampus)

Rektor IPB mengapresiasi kreasi sticker LINE maskot MPKMB 53 (Foto: Arga/MPKMB 53)

Rilisnya stiker Arda dan Arya sebagai maskot MPKMB 53 disambut baik oleh Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. “Ketika kami tunjukkan stiker tersebut, bapak Rektor sangat antusias dan tertarik, bahkan beliau langsung minta didownloadkan.”, ujar Irsyad Algifari Wakil Ketua 1 MPKMB 53.

 

Achmad Fanani

Ed: Ichwanul AM

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*