Adikarta Project, Komitmen Tinggi IPB di PIMNAS 34

IPB University kembali menargetkan prestasi tinggi di ajang kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada tahun 2021. Tekad ini direalisasikan oleh Subdit Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa (Subdit PRPM), Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, dengan pembentukan program Adikarta Project.

“Semangat untuk mengembalikan Piala Adikarta Kertawidya ke rumah kita, IPB, diharapkan menjadi daya tarik yang positif untuk semua kalangan, baik mahasiswa maupun dosen.” Ungkap Ilham Maulidin, Program Leader PKM IPB, Jumat (26/2).

Lewat kolaborasi komprehensif dan afiliasi yang telah dibangun bersama seluruh Civitas IPB seperti LPPM IPB, DS ITD, dan seluruh fakultas dan sekolah di IPB, diharapkan akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk ikut PKM. Adapun tim yang menjalankan project ini adalah Tim PRPM yang terdiri dari Tim Event, Tim Riset Bidang, Tim Media Branding, dan Tim Adminkeu, serta dibantu oleh Tim PKM Center dari kalangan mahasiswa. PKM Center merupakan komunitas prestasi mahasiswa yang berfokus pada kegiatan PKM dan PIMNAS, dengan tujuan mengakomodir dan mendampingi mahasiswa untuk mendapatkan prestasi di ajang ini.

Terdapat empat kegiatan utama dalam Adikarta Project, berupa sosialisasi, pendaftaran, kompetisi, dan evaluasi seputar PKM yang difasilitasi dan dikemas secara apik menjadi beberapa program unggulan yaitu Adikarta Project Training, Idea Crafting Class, Hackathon Idea dan Proposal, Review Ide Kreatif, dan Coaching Proposal. SIM PKM dan website PKM Center juga hadir sebagai sebuah portal yang tersentralisasi untuk memudahkan penyampaian informasi dan proses koordinasi dengan dosen pendamping, dosen reviewer, dan pihak Tim PKM Center.

Tim PKM Center berkomitmen akan selalu siap menjawab semua kebingungan mahasiswa seputar PKM. “Juara 3 di PIMNAS 33 tahun 2020, yang dilaksanakan dalam kondisi dilematik, bukanlah sebuah kegagalan, tetapi sudah menjadi sebuah prestasi yang akan ditingkatkan, dimodifikasi, dan diimprovisasi untuk dijadikan pembelajaran,” ujar Ilham, “Di PKM, kita berinvestasi untuk masa depan. Kita optimis untuk menjadi juara umum di PIMNAS 34. Tetap semangat di tengah keterbatasan untuk Bring Back Adikarta Kertawidya to Its Home.” Tutupnya.

Editor: Farah Diba Aulia
Sumber gambar: pkmcenter.ipb.ac.id

Avatar

Pawitri Adhistyana Mayesti

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.