Event Update

Tak Buahkan Hasil, Aksi Tagih Nawacita Jokowi-JK diwarnai Kericuhan

Dua tahun pemerintahan Jokowi-JK telah terlaksana. Terdapat 9 agenda prioritas yang dijanjikan Jokowi-JK jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden yang dikenal dengan nama Nawacita. Kamis (20/10) aksi tagih Nawacita tengah berlangsung di depan Istana Negara, Jakarta. Aksi diikuti oleh perwakilan mahasiswa se-Indonesia. Evaluasi terhadap masa pemerintahan disuarakan oleh gabungan BEM Seluruh Indonesia (BEM SI).

444947

Suasana aksi gabungan Mahasiswa Seluruh Indonesia menuntut Nawacita Jokowi-JK (20/10).
foto oleh : Hesti Maulida

Selain itu mahasiswa menuntut lima tuntutan, diantaranya tindak tegas mafia kasus kebakaran hutan dan lahan, tolak reklamasi teluk Jakarta dan Benoa, tolak tax amnesty yang tidak pro rakyat, tolak perpanjangan izin ekspor konsentrat setelah Januari 2017 dan komitmen terhadap usaha hilirisasi minereba, serta cabut hukum kebiri, selesaikan akar permasalahan kejahatan seksual pada perempuan dan anak.

Aksi tersebut tidak mempertemukan 15 Presma dengan Presiden dan Wakil Presiden. Negosiasi dilakukan untuk bertemu dengan Presiden RI bersama Teten Masduki, Kepala Staff Kepresidenan.

“Awalnya Kami ingin bertemu dengan Presiden, namun ternyata yang kami temui adalah kepala staff kepresidenan Teten Masduki,” tegas Danang Setiawan Presma BEM KM IPB.

Negosiasi antara perwakilan mahasiswa dengan Teten Masduki berbuah pahit. Lima belas perwakilan datang kembali ke massa aksi dan menyampaikan orasi hasil negosiasi.

“Kita ingin menemui bapak kita, namun apa yang terjadi? Kepala Staff Kepresidenan mengatakan bahwa “ini adalah urusan kalian” maka sekarang ini adalah urusan kita. Reformasi jilid Dua!” ucap Rizki Fazrianto, Kordinator Lapangan Aksi Tagih Nawacita dalam orasinya.

445570

Massa aksi mengucurkan darah ke foto Jokowi-JK.
Foto oleh : Putri Indah

Massa mengadakan aksi menyembelih seekor ayam dan mengucurkan darahnya pada gambar Presiden dan wakilnya.

Tak lama setelah itu massa aksi memaksa masuk menembus jajaran kepolisian hingga akhirnya terjadi kericuhan. Massa mendorong mundur pihak kepolisian namun ditahan dengan memukul-mukulkan bambu ke arah massa aksi. Dua orang massa aksi mengalami bocor di kepala.

Tak berlangsung lama, aksi yang dikawal 3200 personel kepolisian ini pun lerai setelah massa aksi perempuan maju dan berakhir dgn prosesi pembakaran topeng serta gambar Presiden dan Wakil Presiden RI sebagai bentuk matinya hati nurani dan mosi tidak percaya.
445576

Aksi membakar foto Jokowi-JK
Foto oleh : Hesti Maulida

 

Reporter

Putri I.T

Kania S

 

Fotografer

Hesti Maulida

 

Editor : Ratna P.H

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. Memalukan!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*