Event Update

Alihkan Penggunaan Pestisida, IPB Biakkan Lecanicilum sp

IPB memberikan solusi untuk mengalihkan penggunaan pestisida dengan membiakkan Lecaniciluim PTN IPB 27 dan Lecanicilium PTN IPB 10. Pembiakkan ini dilakukan secara sederhana menggunakan beras sebagai medianya, sehingga mudah untuk ditiru oleh petani. Agen hayati yang berasal dari jenis cendawan ini memiliki cakupan pengendalian hama yang luas, sehingga mampu menyerang berbagai jenis hama. “Lecanicilium lebih baik dari pada Perticilium yang biasa kami gunakan dan pembuatannya pun sederhana, sehingga kami dengan mudah membiakkannya,” jelas Murjito, Ketua Gapoktan Dusun Betet, Nganjuk, Jawa Timur.

lecanicilium (2)


Program pembiakkan Lecanicilium sp. dilakukan melalui advokasi mahasiswa peserta IPB Goes to Field (IGTF) kepada para petani yang tersebar di Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Sebanyak 17 mahasiswa melakukan pembiakkan selama lima hari di rumah kepala Dusun Betet, Achmad Syaikhu. Hasil pembiakan lecanicilium sp. disosialisasikan kepada para petani di Kabupaten Nganjuk. “Mengganti pestisida dengan lecanicilium diharapkan akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Nganjuk.” Ungkap dosen koordinator IGTF Kabupaten Nganjuk, Dr Hermanu Triwidodo.

“Inovasi dari IPB ini sangat bermanfaat untuk para petani di sini,” ungkap Achmad Syaikhu yang juga ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Buana Lestari. Pembiakkan ini akan terus dikembangkan oleh petani di Nganjuk, Jawa Timur. Hal ini akan menjadi jalan untuk segera beralih dari penggunaan pestisida ke lecanicilium yang ramah lingkungan.
Melati Fadla

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. untuk pembelian pestisidanya beli dimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*